PENGUMUMAN
Kerjasama Unimed 1

UNIMED Akan Tingkatkan Kerjasama Dengan Dunia Luar

Medan – Universitas Negeri Medan di Tahun 2016 akan Tingkatkan Kerjasama dengan dunia luar yakni lembaga pendidikan, universitas terbaik dalam negeri dan luar negeri, dan dunia industri dalam Meningkatkan daya saing dan mempersiapkan lulusan terbaik. Kegiatan sosialisasi mekanisme kerjasama Unimed yang dilaksanakan oleh Wakil Rektor IV bidang Kerjasama, Perencanaan dan Hubungan Masyarakat di Ruang Sidang A Biro Rektor Unimed pada Selasa, 22 Desember 2015. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, didampingi oleh Wakil Rektor, Dekan, Direktur dan seluruh fungsionaris dari Wakil Dekan, Wakil Direktur, Ketua Lembaga, Ketua Unit, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi dilingkungan Unimed.

Peningkatan kerjasama dengan dunia luar ini dalam rangka mencapai Visi Unimed menjadi Universitas yang Unggul di Bidang Pendidikan, Rekayasa Industri dan Budaya, dan moto universitas sebagai The Character Building University diperlukan penataan kembali peran dan fungsi Lembaga sesuai dengan Permendikbud RI.(no.148 tahun 2014 tentang organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Medan.

Tujuan dari sosialisai kerjasama ini ialah dalam meningkatkan efektivitas, efisiensi, produktivitas, kreativitas, inovasi, mutu, dan relevansi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan daya saing bangsa. Kerjasama dilingkungan Unimed dilaksanakan dengan tujuan : 1. meningkatkan kinerja dan mutu Unimed pada umumnya, dan fakultas/lembaga/unit yang bernaung dibawah Unimed pada khususnya. 2. Menjalin hubungan dengan pihak luar, baik ditingkat nasional maupun Internasional, berdasarkan prinsip kesetaraan saling menghormati dan saling menguntungkan keduabelah pihak.

Kerjasama Unimed

Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D dalam sambutannya menyampaikan Peningkatan pelaksanaan kerjasama Unimed nantinya merupakan bentuk kesinambungan dari berbagai kebijakan dan program Kemenristek Dikti dalam bidang kerjasama yg disusun dengan memperhatikan berbagai dinamika internal dan eksternal universitas, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan kerjasama di Unimed. Pelaksanaan Kerjasama Unimed ini mampu memberikan arah dan dapat menjadi acuan bagi pelaksanaan kegiatan kerjasama di universitas agar mampu menjadi universitas kelas dunia dan memberikan layanan terbaik kepada setiap lapisan masyarakat.

Lanjut Prof. Manihar,  bentuk kerjasama yang dapat kita lakukan disetiap unit hingga program studi yakni meliputi ; Kerjasama Bidang Akademik, Kerjasama Akademik dengan Perguruan Tinggi terbaik dalam dan luar negeri, Kerjasama Akademik dengan Dunia Usaha, Industri dan/atau Pihak Lain bentuk Kerjasama Bidang Non-Akademik, Kerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam peningkatan SDM guru dan berbagai penelitian.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan agar kita harus bisa berperan aktif untuk memperbaiki dan meningkatkan daya saing Unimed menjadi universitas yang maju dan terbaik. Seluruh civitas dari dosen, pegawai, mahasiswa harus bisa memberikan manfaat yang real kepada masyarakat. Unimed ini hadir ditengah-tengah masyarakat harus mampu menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat, baik dunia pendidikan, industri dan dunia kerja.

Lanjut Prof. Syawal, kita Unimed telah berhasil menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi terbaik di dalam dan luar negeri, pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan dunia industri. Keberhasilan ini merupakan wujud tingkat kepercayaan masyarakat dan dunia luar kepada kita. Untuk tahun 2016, saya berharap seluruh civitas Unimed harus saling bahu membahu dan bekerjasama untuk meningkatkan kerjasama dengan pihak manapun dengan Unimed sebagai upaya meningkatkan terus daya saing dan kualitas Unimed untuk kemaslahatan masyarakat. Jika kita semua punya kemauan dan niat yang baik untuk memajukan Unimed, pasti banyak jalan kemudahan yang akan kita dapatkan, amin. (Humas Unimed).