PENGUMUMAN
PPL PPG

UNIMED Beri Pembekalan Guru Pamong PPL

MEDAN (Unimed) – Universitas Negeri Medan memberikan pembekalan tentang pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) PPG Angkatan V kepada sejumlah guru pamong di Digital Library Unimed, Rabu (26/7). Pembekalan ini merupakan salah satu cara untuk menyatukan persepsi dan pemahaman antar stakeholder PPL PPG angkatan V.

Ketua Panitia, Dr. Zulkifli Matondang, M.Si mengungkapkan PPL merupakan salah satu matakuliah wajib bagi peserta Program Profesi Guru (PPG). “Dalam PPL-lah rencana pembelajaran yang telah direncanakan dan dirancang pada saat workshop di kelas, akan diimplementasikan”, ujarnya.

Saat ini, ujar Zulkifli, Unimed telah bermitra dengan 27 sekolah dari jenjang SD, SMP, SMA, MA, dan SMK di Kota Medan serta Kabupaten Deli Serdang. Untuk tahun ini, setidaknya 117 orang guru dari berbagai sekolah tersebut yang menjadi pamong bagi peserta PPL PPG. “Pada kesempatan ini juga selain guru pamong, turut hadir DPL (Dosen Pembimbing Lapangan)”, tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd berharap dengan adanya pembekalan ini, proses pelaksanaan PPL PPG dapat berjalan lancar dan menghasilkan guru profesional. Menurut guru besar teknik bangunan ini, PPL yang diterapkan oleh Unimed mengadopsi beberapa metode yang diterapkan oleh Michigan State University, Amerika Serikat.

Prof Hamid melanjutkan, peserta PPL PPG akan praktek mengajar di sekolah selama satu semester. Pelaksanaan PPL PPG menggunakan praktik mengajar terbimbing.  Setidaknya ada 5 tahapan dalam proses pembimbingan ini. Tahap 1 praktikan mengamati guru pamong mengajar, tahap 2 guru pamong  mengajar dan praktikan membantu, tahap 3 praktikan dan guru pamong mengajar bersama, tahap 4 praktikan mengajar sedangkan guru pamong membantu mengajar.

Pada acara ini dihardirkan pula narasumber, Dr. Eli Djulia, M.Si, yang memberikan pelatihan tentang proses mengajar terbimbing. Ia menawarkan alternatif untuk pembimbingan yakni dengan metode konferensi. Konferensi adalah bertemunya guru pamong, dosen pembimbing lapangan, dan praktikan secara bersama-sama untuk melihat progres yang dicapai praktikan dalam kegiatan PPL. (Humas Unimed).