PENGUMUMAN
Pusdibang-KS 2017

UNIMED & BKKBN Gelar KKN Tematik Guna Bangun Wawasan Kependudukan

MEDAN (Unimed) – BKKBN Provinsi Sumatera Utara menggelar pertemuan bersama dalam forum kependudukan bersama Pusdibang-KS Unimed pada Selasa, 7 maret 2017 di ruang pertemuan digital library Unimed. Forum ini merupakan hasil kerjasama Unimed dengan BKKBN Sumatera Utara sebagai mitra bersama dalam mendukung ketercapaian program-program yang dilaksanakan oleh BKKBN. erjasama Unimed dengan BKKBN SUMUT sudah terjalin cukup erat dan baik, bahkan dalam tiga tahun terakhir sudah belasan kali melaksanakan kegiatan bersama baik di kampus maupun di masyarakat.

Turut hadir dalam acara ini Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd., Kepala Pusdibang-KS Unimed Dr. Fariha, M.Pd. dan beberapa orang dosen Unimed serta mahasiswa.

Pembangunan penduduk perlu melibatkan banyak stekeholder, salah satunya perguruan tinggi. Pembangunan kependudukan diharapkan dapat didorong melalui kuliah kerja nyata yang juga menjadi salah satu bagian tridharma perguruan tinggi. Acara ini bertujuan membangun wawasan kependudukan di perguruan tinggi dan pusat studi melalui KKN tematik atau kajian ilmiah.

Pusdibang-KS 2017 2

“Upaya terencana dan sistematis dari dua atau lebih pemangku kepentingan untuk membantu masyarakat agar memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran tentang kondisi kependudukan serta keterkaitan timbal balik dengan kehidupan sosial, ekonomi, kemasyarakatan dan lingkungan hidup sehingga memiliki perilaku yang bertanggung jawab dan ikut perduli dengan kualitas hidup generasi sekarang dan mendatang” jelas Prof. Heru Susanto, Ph.D yang menjadi narasumber.

Pendidikan Kependudukan melalui Kuliah Kerja Nyata menurut Heru, merupakan upaya untuk membantu masyarakat agar memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran tentang kondisi kependudukan. Mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata  menjadi motor penggerak bagi pembangunan kependudukan di masyarakat.

“Pembangunan juga harus dimulai dari keluarga karena keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama yang mempunyai peranan penting dalam  memenuhi kebutuhan asah, asih, dan asuh. Keluarga juga merupakan tumpuan untuk menumbuh-kembangkan dan menyalurkan potensi setiap anggota keluarga”, terang Heru.

Dr. Budi Valianto mengapresiasi kegiatan tersebut dan mendorong agar terbangunnya sinergitas antara BKKBN dengan perguruan tinggi, khususnya kerjasama dengan Unimed semakin optimal untuk memberikan wawasan kependudukan kepada masyarakat luas. Menurut beliau BKKBN tidak bisa berjalan sendiri, sudah tepat dengan menggandeng perguruan tinggi dalam membantu dan mendukung tercapainya program-program yang dicanangkan oleh BKKBN.

Dr. Farihah, setelah acara mengatakan, kegiatan ini merupakan kesekian kalinya menjadi kegiatan bersama dengan BKKBN SUMUT. “Kita mitra sudah cukup erat dan kami berkomitmen untuk bersama-sama BKKBN dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam program kependudukan. Kita siap terus bermitra dengan BKKBN dalam semua program yang dilaksanakan oleh BKKBN. Semoga kegiatan ini wujud sinergitas antara kampus dan BKKBN dalam memberikan wawasan kepada masyarakat terkait keluarga sejahtera dan kependudukan. Kita berharap KKN Tematik yang akan kita gelar bersama dengan BKKBN dapat kita siapkan secara matang agar lebih bermanfaat buat masyarakat nantinya”, pungkasnya. (Humas Unimed).