PENGUMUMAN
Finlad 2

Unimed dan Finland University Jalin Kerjasama

Surabaya –  Satu kabar yang membanggakan bagi seluruh civitas akademika Unimed, karena telah berhasil melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) bidang Academic Collaboration and Partnership dengan Finland University, Helsinki, Finland. Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan pada Rabu, 23 November 2016  di ruang rektorat Universitas Negeri Surabaya. Penandatanganan MoU ini di gelar bersama dengan beberapa universitas negeri di Indonesia. Ikut hadir menyaksikan penandatanganan MoU yakni Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, para Wakil Rektor, Dekan dan staf ahli WR4. Sedangkan dari Finland University Executive Vice President Mr. Pasi Kaskinen, Witness Mr. Juha Christensen, dan Prof. Dr. Hafid Abbas.

Poin penting penandatanganan MoU antara UNIMED dan Finland University ini yakni : a) meningkatkan sistem pendidikan, SDM dosen dalam menghasilkan lulusan yang bermutu, b) mengembangkan sistem kurikulum pendidikan, c) kerjasama dalam bidang penelitian bersama (joint research activities), d) partisipasi bersama dalam melakukan seminar dan pertemuan akademik (participation in seminars and academic meetings), e) pertukaran informasi dan bahan akademik (exchange of academic information and materials), dan f) publikasi aktivitas yang member manfaat bagi kedua belah pihak (publication activities of manual interest).

Sistem dan Mutu Pendidikan di Finland merupakan satu negara terbaik di dunia, banyak negara-negara dibelahan dunia yang belajar di Finland. Sekilas melihat sistem pendidikan di Finland adalah : a) saat istirahat, siswa mendapat kesempatan mengembangkan kompetensi sosial. Mereka berinteraksi dengan siswa lain, belajar berkomunikasi, bekerja sama dan meningkatkan keterampilan yang bisa menunjang keberhasilan dalam bidang akademis, maupun kehidupan mereka di masa depan,  b) di sekolah ada kegiatan seperti olahraga, seni atau ekstra kurikuler yang mendukung minat dan bakat anak. Sehingga anak tidak mudah emosi, temperamental, agresif dan memiliki kecemasan tinggi ketika mereka pulang sekolah, c) suasana belajar di sekolah dibuat menyenangkan dan tidak kaku,          d) suasana di sekolah seperti bagian dari keluarga sehingga anak merasa betah dan nyaman saat belajar. Di kelas, anak-anak diperbolehkan untuk bersenang-senang dan tertawa, e) sistem pendidikan Finlandia fokus pada perbaikan pengetahuan profesional dan keterampilan para guru, sebagai pemimpin, dan sebagai bagian dari kelompok guru, f) guru-guru di Finlandia belajar untuk bekerja sama dengan guru lain.

Prof. Dr. Syawal Gultom, dalam sambutannya mengatakan, merasa bangga dan menyambut baik jalinan kerjasama ini yang telah diwijudkan dalam bentuk formal. Kita telah menyaksikan bersama hal yang bersejarah buat civitas Unimed, karena telah berhasil melakukan MoU dengan universitas terbaik dunia dari sistem pendidikan yakni Finland University di Helsinki. Finlad. Kita berharap semoga Allah Tuhan YME akan memberikan keberkahan bagi Unimed untuk terus terpacu menjadi universitas terbaik di bumi Indonesia ini dalam melahirkan lulusan yang bermutu dan memiliki kompetensi yang diperlukan oleh pemerintah dan dunia kerja. Kami pimpinan Unimed akan menindaklanjuti MoU ini dengan merancang kegiatan apa yang dapat kita laksanakan bersama dalam meningkatkan mutu lulusan, joint penelitian dan kegiatan akademik lainnya. Kita juga akan memanfaatkan secara maksimal agar kegiatan MoU ini dapat membawa kebaikan untuk Unimed, yakni mendorong para dosen agar mau melanjutkan studi S3 di Finland University. Selain itu juga akan melakukan kegiatan akademik bersama seperti mengadakan seminar ilmiah bersama, pertukaran informasi bidang akademik dan publikasi ilmiah, baik di Helsinki Finland maupun di Medan.

Sementara Mr. Pasi Kaskinen selaku Executive Vice President Finland University sangat menyambut baik penandatanganan MoU ini, dan siap melaksanakan bersama point-point dari kerjasama ini. Bahkan kami Finland University juga membuka lebar dari point kerjasama yang lainnya. Kami seluruh civitas menyambut baik MoU ini dan berharap akan ada langkah-langkah produktif yang akan kita laksanakan bersama dalam bidang akademik. Semoga kerjasama ini akan membawa manfaat positif bagi kita bersama. (Humas Unimed)