PENGUMUMAN
pemaparan borang

UNIMED Dapat BIMTEK AIPT Dari DIKTI Dan BAN PT Menuju Akreditasi A

Medan – Unimed menjadi salah satu dari 30 perguruan tinggi yang terpilih mendapatkan Bimbingan Teknis Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari Kemenristekdikti RI dan BAN PT menuju Akreditasi terbaik “A”. Kegiatan ini merupakan program Kemenristekdikti dalam mendorong perguruan tinggi yang memiliki nilai AIPT hampir mendekati A. Institusi Unimed sendiri di akreditasi AIPT terakhir pada 2014 dengan meraih nilai 352, hanya kurang 9 nilai lagi meraih A.

Sudah hampir selama 6 bulan terakhir ini, panitia BIMTEK AIPT dari Kemenristekditi dan BAN PT tengah sibuk melakukan pendampingan kepada 30 Perguruan Tinggi untuk menuju status akreditasi A. Pendampingan dilakukan untuk persiapan data dukung dari isi borang dan evaluasi diri, serta melengkapi semua dokumen dan pembenahan layanan akademik, melengkapi sarana prasarana. Melalui ketercapaian akreditasi A diharapkan meningkatkan kualitas daya saing lulusan.

Tim BIMTEK AIPT dari Asesor BAN PT yang memberikan pendampingan melakukan review dan meninjau kesiapan Unimed dalam hal kelengkapan dokumen dan sarana pendukung borang dalam rangka mencapai nilai akreditasi A. Adapun Asesor tersebut : 1). Prof. Dr. Ing. Mulyadi Bur (UNAND Padang), Dr. Ir. Suhanan DEA (UGM Yogyakarta), dan Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM. (UI Jakarta), dan didampingi oleh Bambang H dari Ristekdikti.

Pendampingan BIMTEK AIPT yang dilakukan tim asesor BAN PT diarahkan terhadap perbaikan narasi isi borang dan evaluasi diri, serta kelengkapan dokumen pendukung. Ada aspek yang difokuskan yakni : 1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, 2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, 3) mahasiswa dan lulusan, 4) sumber daya manusia (dosen), 5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, 6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, 7) penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

foto bersama Bimtek AIPT

Foto Bersama Asesor BIMTEK RISTEKDIKTI dengan Pimpinan Unimed

BIMTEK AIPT yang digelar pada 26 Juli 2016 di Lantai III Ruang Sidang A Gedung Biro Rektor Unimed, dari pukul 09.00-16.00 WIB berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatanya bersifat paparan perstandar terhadap poin-poin yang harus diperbaiki dan diskusi aktif interaktif antara tim BAN-PT dengan pimpinan dan tim AIPT Unimed. Kegiatan tersebut memaparkan borang yang diperlukan untuk melengkapi berkas dan dokumen sebagai pengajuan. Kemudian ditinjau dan dilihat langsung dokumen pendukung guna perbaikan dan penyempurnaan.

Prof. Dr. Ing. Mulyadi Bur sebagai salah seorang asesor mengatakan, “kelengkapan dokumen pendukung menjadi syarat penting dalam kelengkapan borang, jika masih ada yang belum lengkap segera dilengkapi dan direvisi kembali. Kami melihat peningkatan Unimed semakin pesat, mulai dari nilai akreditasi prodi sudah 23 prodi A yang pada awalnya hanya 9, perbaikan fasilitas dan sarana prasarana, lingkungan yang hijau bersih dan rapi, prestasi dosen dan mahasiswa meningkat dan pelayanan akademik juga membaik.”

Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., mengatakan terima kasih atas masukan dan bimbingan dari asesor BAN PT tim BIMTEK AIPT RISTEKDIKTI. Kami sangat terbantu atas segala masukan apa-apa yang harus diperbaiki dalam mempersiapkan akreditasi sesungguhnya yang akan dilaksanakan sekitar oktober 2016. Semua masukan dan saran telah kami rekam dan menjadi catatan penting bagi kami guna memperbaiki dan mengkapi segala data dukung dalam merealisasikan Unimed menjadi kampus terakreditasi A yang pertama di SUMUT. Sampai sekarang hanya 3 kampus terakreditasi A di luar pulau Jawa yaitu Unsyiah, Unand dan Unhas, semoga Unimed menjadi yang ke- 4.

Lanjut Prof. Syawal, kami akan persiapkan lebih matang lagi dalam hal memperbaiki narasi isi borang dan evaluasi diri, serta melengkapi semua dokumen pendukung. Langkah awal, akan kita diskusikan aktif dan intens bagi tim AIPT penyusun borang, evaluasi diri dan penyiapan dokumen pendukung. Saya sangat berharap dukungan dan bantuan seluruh civitas warga Unimed dalam hal mempersiapkan hal-hal tersebut di atas. Kita berharap agustus nanti kita telah siap 100 % segala sesuatu yang kita butuhkan, sehingga pertengahan agustus kita kirim ke BAN-PT untuk dijadwalkan kapan pelaksanaan visitasi AIPT Unimed. Semoga niat baik, kerja keras dan dedikasi tinggi untuk Unimed mencapai akreditasi A akan segera kita wujudkan di akhir tahun 2016 ini. Amin. (Humas Unimed).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>