PENGUMUMAN
Wisata Danau Toba

UNIMED Dukung Danau Toba Menjadi Wisata Dunia

Medan – Universitas Negeri Medan bekerja sama dengan DPRD Provinsi Sumatera Utara menggelar Diskusi Publik : Indonesia dan Pariwisata, mengangkat tema :“Memantapkan Arah Kebijakan Negara terhadap Pariwisata. Menyonsong Danau Toba Menjadi Wisata Dunia”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 10 Desember 2015 di Gedung Digital Library Lantai 4 Unimed. Panitia pelaksana mengundang beberapa narasumber profesional yakni : Dr. Ridwan Jamaluddin (Deputi di Kementerian Maritim dan SDA RI), Dr. Rezeki Parangin-angin (Kepala Pusat di Kementerian PU dan Perumahan Rakyat RI), Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd (Rektor Unimed) dan Dr. Ivan batubara (Ketua KADIN Sumatera Utara). Turut hadir juga Perwakilan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Dirpamobvit Poldasu Dr. Hery Subiansuri sebagai mewakili Kapoldasu, Para Wakil Rektor, Dekan, Direktur, seluruh fungsionaris dilingkungan Unimed, puluhan praktisi wisata dan perhotelan, ratusan dosen dan seribuan mahasiswa. Sebagai ketua pelaksana adalah Drs. Arifai Tambunan, M.M, dan Sekretaris Tappil Rambe, S.Pd. M. Si.

Tujaun kegiatan Diskusi Publik Indonesia dan Pariwisata ini yakni diharapkan ada rekomendasi konkrit yang akan di buat sebagai hasil dari pertemuan ini. Selanjutnya akan kita sampaikan kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah Sumatera Utara untuk mewujudkan Danau Tona menjadi objek wisata dunia. Penitia telah merancang dengan baik agar tujuan dari kegiatan ini dapat menghasilkan sesuai harapan, karena telah mengundang narasumber yang konpeten yakni dari Kementerian Maritim dan SDA, Kementerian PU dan PR, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Akademisi, praktisi kepariwisataan dan praktisi perhotelan.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutan dan paparannya mengatakan bahwa kita Unimed sebagai kampus sangat siap dan mendukung penuh jika Danau Toba menjadi objek Wisata Dunia. Ratusan SDM yang dimiliki Unimed akan kita siapkan untuk mendukung tercapainya harapan dan cita-cita mulia seluruh masyarakat SUMUT. Dari sisi pendidikan kita siap bekerjasama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah SUMUT untuk melakukan upaya konkrit bersama untuk mencapai harapan tersebut. Satu sisi penting yang harus dipersiapkan untuk mendukungnya adalah pembentukan karakter atau perilaku masyarakat dalam melayani wisatawan nantinya. Kita lihat Bali, begitu sangat mendukung masyarakat sekitar daerah wisata terhadap pemberitan layanan terbaik bagi wisatawan, baik dalam dari sisi budaya dan karakter masyarakatnya. Beberapa hal ini tidak kalah pentingnya dari sisi pembangunan infrastruktur, keamanan, kenyamanan dan tata kelola lainnya.

DSC_0163

Saya berpandangan dalam mewujudkan danau toba menjadi objek wisata dunia, sektor pendidikan memiliki peranan penting, karena berkaitan dengan pembentukan karakter masyarakat. Tidak muluk-muluk jika sekolah diwilayah kabupaten dan kota disekitaran danau toba, buatan lokal di kurikulum pendidikannya harus “Danau Toba sebagai Objek Wisata Dunia”. Kita Unimed siap menbantu dan mendukung pemerintah kota dan kabupaten tersebut untuk mewujudkan hal tersebut. Saya yakin jika kurikulum pendidikan formal dan in formal, serta didukung oleh pendidikan dikeluarga dapat disinergikan dalam mengintegrasikan nilai-nilai budaya yang mendukung keefektifan pembentukan karakter masyarakat, tentunya akan sangat efisien dalam mencapai harapan dan cita-cita dalam menjadikan danau toba sebagai wisata dunia. Seberapa bagus dibangun infrastruktur dan sektor lainnya yang mendukung, tapi sisi pendidikan dan pembentukan karakter masyarakat di wilayah sekitaran danau toba, maka akan sulit terwujud harapan tersebut. Sebagai warga Sumatera Utara yang baik, mari kita cari solusi terbaik dalam mewujudkan harapan tersebut. Kita punya tanggungjawab bersama dalam hal ini. Semoga kegiatan diskusi publik Indonesia dan Pariwisata ini akan menghasilkan berbagai rekomendasi yang akan kita sampaikan kepada pemerintah pusat dan daerah agar ada langkah nyata dalam mewujudkan cita-cita mulia ini. Jika Danau Toba menjadi Wisata Dunia, pastinya yang bangga adalah seluruh warga Sumatera Utara dan Indonesia. (Humas Unimed).