PENGUMUMAN
Pentas Seni PPG

UNIMED Fasilitasi Mahasiswa PPG-SM3T Kembangkan Bakat

Medan – Unimed sangat konsen dan mendukung semua aktivitas akademik dan non-akademik di kampus yang bertujuan mengembangkan bakat mahasiswa. Salah satu cara dengan menyelenggarakan berbagai event tingkat mahasiswa. Bukan hanya tingkat mahasiswa S1, begitu pula dengan mahasiswa PPG-SM3T Unimed. Pimpinan Unimed telah memfasilitasi acara Pentas Seni dalam mengembangkan bakat dan talenta yang dimiliki para kembang calon pahlawan pendidikan yakni mahasiswa PPG-SM3T Unimed.

Kegiatan Pentas Seni yang dilaksanakan oleh panitia PPG SM3T Unimed ini sebagai ekspresi kebahagian bersama, karena Program Akademik PPG SM3T Angkatan III Unimed ini telah berhasil dan sukses. Bentuk kegiatan Pentas Seni ini adalah memperlombakan berbagai pentas seni yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PPG SM3T Unimed angkatan III. Berbagai bentuk lombanya adalah ; a) Lomba Menulis Essay tentang Pengabdian didaerah tempat mengabdi, yakni mengkompetisikan karya tulis essay tentang pengabdian. b) Lomba Poto Pengabdian, yakni mengkompetisikan poto-poto terbaik didaerah pengabdian. c) PPG-SM3T IDOL, mengkompetisikan lomba menyanyi tarik suara dengan lagu bebas, dan Pentas Budaya berbasis etnik Sumatera Utara. Kegiatan lomba ini melibatkan dosen-dosen Bahasa, Seni dan Rupa FBS Unimed.

Menurut Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., acara Pentas Seni Mahasiswa PPG-SM3T Unimed Angkatan III yang dilaksanakan pada 18-19 desember 2015 ini merupakan bentuk pembinaan kepada peserta PPG-SM3T. “Event ini merupakan salah satu cara kita membina 4 kompetensi guru profesional dalam mahasiswa PPG”, kata Prof Hamid ketika membuka acara ini di Digital Library Unimed.

Ia menambahkan acara pentas seni ini bertujuan untuk membina kepribadian mahasiswa. “Asrama merupakan tempat membina kompetensi sosial dan kepribadian mahasiswa. Pentas seni ini juga sesungguhnya bagian dari pendidikan asrama”, katanya.

Lanjut Prof. Hamid, kegiatan ini sesungguhnya merupakan bentuk kegiatan refleksi dan rekreasi dari penutupan kegiatan akademik PPG SM3T Angkatan II Unimed. Kita berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial saja, akan tetapi dapat kita maknai dalam pembentukan persiapan diri lulusan PPG SM3T Unimed ini untuk lebih siap pakai di dunia kerja nantinya. Sebagai pendidik yang profesional buah hasil dari program PPG SM3T ini bahwa guru profesional tidak hanya siap secara pengetahuan, wawasan dan skill mengajar. Akan tetapi juga diperlukan penguasaan keterampilan bidang seni dan budaya berbasis etnik Sumatera Utara, karena pada saat kita tugas sebagai guru profesional tuntutan aktif membimbing dan mengarahkan siswa dalam bidang seni dan budaya juga sangat diperlukan. Semoga kegiatan pentas seni dan budaya ini akan mendorong para lulusan PPG SM3T Unimed untuk lebih siap menjadi guru profesional dan selalu merasa bahagia dengan tugas dan pengabdiannya.

Koordinator PPG-SM3T Unimed, Dr. Zulkifli Matondang, M.Pd., mengatakan bahwa pengelola PPG Unimed tidak hanya menyelenggarakan event bidang seni. “Perlombaan bidang olahraga juga kita lakukan, kerohanian”, katanya. Bukan hanya perlombaan, mahasiswa PPG-SM3T Unimed juga diberikan berbagai pelatihan bidang kepemimpinan dan pramuka.

Ketua Panitia Pentas Seni PPG-SM3T Unimed Angkatan III, Deni Hasibuan, S.Pd., berterimakasih kepada pihak Rektorat Unimed yang telah memfasilitasi acara ini. “Acara ini memperlombakan fotografi, artikel-esai, cipta dan baca puisi, PPG-Idol, dan stand-up comedy”, pungkasnya. (Humas Unimed).