PENGUMUMAN
MoU unram

Unimed Gandeng Unram Dalam Tingkatkan Mutu Lulusan

Mataram – Universitas Negeri Medan melakukan terobosan terus dalam meningkatkan mutu dan kualitas lulusan. Upaya yang baru dilaksanakan yakni melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Mataram yang digelar pada senin, 21 November 2016 di ruang sidang Rektorat Kampus UNRAM di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hadir langsung dalam penandatanganan MoU tersebut Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, bersama dengan seluruh Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs dan staf ahli WR4. Sedangkan dari tuan rumah langsung Rektor UNRAM Prof. Ir. H. Sunarpi, Ph.D, beserta seluruh Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs dan fungsionaris universitas.

Universitas Mataram merupakan salah satu perguruan tinggi negeri BLU (badan layanan umum) terbaik di wilayah barat Indonesia dari sisi pendapatan dana masuk dan juga hasil penelitian dan pengabdian dosen. Perkembangan UNRAM dibidang kemahasiswaan juga tergolong banyak prestasi. Atas dasar beberapa tersebut Unimed memilih UNRAM untuk digandeng bersama dalam meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di kedua perguruan tinggi.

Tujuan MoU ini yaitu seling shering berbagai gagasan dan kebijakan yang terkait dengan peningkatkan mutu lulusan, SDM dosen dan mahasiswa. Selain itu disepakati bersama antara Unimed dan Unram akan melakukan penelitian dan pengabdian bersama antar dosen dan mahasiswa. Kemudian juga dalam kegiatan akademik akan dilakukan pertukaran dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutan mengatakan, kami Unimed memilih Unram untuk jalin kerja sama dibidang tri dharma perguruan tinggi karena Unram merupakan perguruan tinggi negeri di wilayah barat yang memiliki banyak keunggulan. Berbagai keunggulan itulah akan kita saling pertukarkan bersama dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu Unimed dan Unram. Suatu kampus negeri dan swasta yang ada di Indonesia pasti memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Mana yang menjadi keunggulan di Unimed dan di Unram akan kita share bersama untuk terus kita tingkatkan, sedangkan kelemahannya akan kita analisis bersama untuk dicarikan solusi terbaik agar tidak menghambat untuk kemajuan bersama.

“Unram merupakan PTN BLU kategori baik yang berhasil mengembangkan berbagai upaya dalam hal pendanaan. Dibidang penelitian dan kemahasiswaan juga cukup baik. Sedangkan Unimed kita targetkan akhir tahun 2016 ini bisa menjadi PTN BLU yang sebelumnya PTN Satker. Dengan diskusi intensif bersama maka Unimed akan dapat mempersiapkan secara maksimal menjadi PTN BLU. Kemudian kita akan lakukan bersama pertukaran dosen dan mahasiswa dalam berbagai kegiatan akademik. Selanjutnya kita juga akan lakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama, bida objeknya di Medan dan bisa juga di Mataram, ujar Prof. Syawal Gultom.

Sementara Prof. Ir. H. Sunarpi, Ph.D, selaku Rektor Unram, sangat menyambut baik ide dan gagasan bersama yang dibalut dalam MoU antara Unimed dan Unram. Kami mengucapkan selamat datang di kampus Unram dan kami civitas Unram siap untuk bersama-sama dalam menyatukan ide kreatif dan inovatif untuk meningkatkan mutu lulusan. Kami juga sangat senang dan bangga bisa menjalin MoU dengan Unimed, karena kami tahu bahwa Unimed sekarang sudah menjadi kampus terbaik yang terakrditasi A. Pasti banyak kelebihan dan keunggulan dibanding kami Unram. Namun niat positif saya dan pak Prof. Syawal Gultom adalah sama yakni berkomitmen untuk memajukan Unram dan Unimed menjadi kampus yang bermutu dan berdaya saing di kelas internasional. Semoga Unram dan Unimed secara bersama-sama akan dapat mencapai harapan itu pada waktu yang tidak lama lagi. Amin. (Humas Unimed).