PENGUMUMAN
Klinik Peningkatan Mutu Dosen

UNIMED Gelar Klinik Peningkatan Mutu Dosen

MEDAN – Era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi telah menuntut bangsa ini, khususnya Perguruan Tinggi untuk dapat mengembangkan kemampuannya agar dapat menghasilkan lulusan yg bermutu, mandiri, dan dapat bersaing di pasaran kerja, baik nasional maupun internasional.

Untuk mewujudkannya, Unimed bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kemenrsitekdikti menyelenggarakan Klinik Peningkatan Mutu Dosen dalam Pencapaian Output Penelitian (Dokumen Paten/KI) yang diselenggarakan pada 18 sampai 19 Agustus . Acara tersebut dihadiri oleh dosen/peneliti perguruan tinggi, dan yang bertindak sebagai pemateri dalam acara tersebut adalah ; Mercy Marvel (Ditjen KI), I Gede Wenten (ITB), Erliza Hambali (IPB), Achadiar Rhamadani (ITB), dan Dr.Sadjuga (Direktur Pengelolaan KI)

Kegiatan ini merupakan suatu  upaya mewujudkan program-program unggulan pada perguruan tinggi di Indonesia. Untuk menjaga kebaruan dan langkah inventif suatu hasil penelitian dan pengembangan IPTEKS maupun perlindungan hasil-hasil penelitian dan pengembangan IPTEKS dengan penyiapan dokumen untuk mempercepat hilirasi penelitian.

Khusus penelitan dan pengembangan di bidang sain dan teknologi, salah satu hal mendasar yang harus dipahami oleh peneliti untuk mendapatkan manfaat dari sistem paten/KI adalah kemampuan mencari informasi paten terdahulu sebagai referensi kebaruan dan langkah inventif serta kemampuan mengungkapkan karya yang inovatif dalam suatu format dokumen paten/KI.

Program ini sendiri memiliki sasaran peserta yang harus memiliki kualifikasi peneliti/dosen Perguran Tinggi sebagai berikut : Peserta memiliki hasil peneliti/invensi yang berpotensi dokumen paten/KI di perguruan tinggi, dan peserta diharuskan sudah menyiapkan draf dokumen paten/KI dan sarana penunjang lainnya yang diperlukan pada saat pelaksanaan kegiatan.

Khusus untuk Unimed sendiri, kegiatan ini dihadari oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd , Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, Dekan FIK, FMIPA, dan FBS, Kasubid Riset Terapan ( Deslita/sebagai narasumber), Dr.Martina Restuati, M.Si (narasumber), dan mencakup peserta dari Medan dan Aceh yang merupakan para peneliti.

Prof Syawal Gultom berharap, kegiatan ini akan mendatangkan manfaat bertambahnya wawasan, pengetahuan tentang sistem KI, serta penyusunan dokumen spesifikasi paten/KI (deskrip paten).