PENGUMUMAN
Wan Ahmad Jaafar Wan Yahaya

Unimed Gelar Kuliah Umum Multimedia Learning dan Peningkatan Publikasi Internasional

MEDAN (Unimed)  – Pembelajaran dengan menggunakan multimedia (multimedia learning) menjadi tren di zaman milenial. Tujuan penerapan multimedia learning dalam mendidik agar anak didik mampu mengeksplore dirinya dan menangkap pelajaran dengan mudah. Untuk meningkatkan kualitas lulusan Unimed yang memiliki skill dalam pengembangan metode/cara dalam mendidik yang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut, Universitas Negeri Medan menggelar acara Kuliah Umum di Ruang Sidang A gedung Biro Rektor Lt. 3. Rabu (12/17). Acara tersebut mendatangkan narasumber dari Universitas Sains Malaysia Prof. Wan Ahmad Jaafar Bin Wan Yahaya yang merupakan direktur pascasarjana USM dalam program multimedia.

Tujuan dari kuliah umum ini selain menjelaskan bagaimana mengembangkan sistem pelajaran kepada anak didik dengan menggunakan sistem multimedia, kuliah umum ini juga bertujuan untuk berbagi tips kepada para dosen bagaimana menyiapkan atau menulis jurnal yang mempunyai impact yang kuat sehingga dapat terindeks ke jurnal-jurnal internatioal yang ternama. Hadir dalam kuliah umum ini Wakil rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K. M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., dosen-dosen dari seluruh  fakultas lingkungan Unimed serta puluhan mahasiswa.

Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K. M.Pd. dalam sambutannya mengatakan sangat senang dengan kehadiran Prof. Dr. Wan Ahmad Jaafar Bin Wan Yahaya sebagai narasumber karena beliau memang orang yang sudah berpengalaman di bidangnya yaitu multimedia. Beliau juga sudah banyak mempublish jurnal international dan sudah terindeks salah satunya pada Scopus. Diharapkan dengan kedatangan beliau kita dapat sharing atau berdiskusi mengenai multimedia learning sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan Unimed karena mereka dapat mengembangkan sistem dalam mendidik anak didiknya kelak saat menjadi pendidik nanti dan untuk para dosen dapat mengetahui tips apa yang dibutuhkan agar dapat menulis jurnal international yang mempunyai impact yang tinggi.

Prof. Dr. Wan Ahmad Jaafar Bin Wan Yahaya dalam paparannya mengatakan multimedia learning diperlukan dalam mendidik anak didik karena multimedia learning sebuah pelajaran yang memang tren pada zaman milenial ini dan kedepannya juga multimedia learning itu akan terus berkembang karena dengan multimedia learning pelajaran dapat diserap lebih cepat, anak didik dapat lebih mengeksplore diri. Beliau juga mengingatkan agar para pengajar dapat menciptakan sebuah sistem multimedia yang dapat mengontrol dirinya sendiri. “Sistem yang dapat mengontrol dirinya sendiri tidak perlu memikirkan karakter anak mereka dapat memilih pelajaran yang sesuai dengan sang anak didik” ujar Prof. Yahaya.

Lanjut dalam paparannya beliau mengatakan selain mendidik atau mengajar para dosen juga harus menulis jurnal karena menulis Prof. Wan Ahmad Jaafar Bin Wan Yahaya dan mengajar mempunyai tingkatan yang sama. “Dalam menulis jurnal kita harus menggunakan metode analisis yang baru” ujar Prof. Yahaya. (Humas Unimed)