PENGUMUMAN
PPLT

UNIMED Gelar Tes Pra- PPLT Berbasis Komputer

Medan, Ribuan mahasiswa semester VII seluruh Program Studi S1 Unimed  mengikuti seleksi online Pra PPLT (Praktek Pengalaman Lapangan Terpadu) pada 11-14 Juli 2017 yang digelar di Pusat Komputer dan Laboratorium Komputer lainnya dilingkungan Unimed. Baru tahun 2017 ini Ujian Pra PPLT dilaksanakan berbasis komputer, karena sebelumnya masih menggunakan paper base test. Tes online Pra PPL ini dilakukan sebagai langkah awal persiapan seluruh mahasiswa semester VII Unimed sebelum melaksanakan PPLT pada tahun ini. Agar dapat diketahui tingkat kemampuan dan skill dari sisi kompetensi kognitif dan pedagogik. Pada pelaksanaan awal tes Pra PPLT di Pusat Komputer (Puskom) pagi 11 Juli 2017, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, didampingi Kepala UPPL Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd, langsung meninjau pelaksanaan hari perdana.  

Sesuai dengan jadwal yang sudah dikeluarkan oleh UPPL Unimed, ujian seleksi ini dilakukan berbasis komputer di laboraturium komputer di lingkunganUnimed. Pengumuman hasil tes Pra PPLT akan diumumkan pada 15 Juli 2017. Nilai tes Pra PPLT ini nantinya akan berkontribusi 15%  pada nilai akhir PPLT yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa. Bagi mahasiswa yang belum lulus tes Pra PPLT diberikan kesempatan mengulang ujian pada 18 Juli 2017.

Pengumuman lokasi penempatan PPLT akan diumumkan pada 11 Agustus 2017 dan akan diberangkatkan kedaerah penempatan pada 24 Agustus 2017. Sebelum pemberangkatan penempatan, seluruh mahasiswa wajib mengikuti pembekalan pada 14 dan 15 Agustus 2017.

Prof. Dr. Pargaulan Siagian, selaku Kepala UPPL mengucapkan rasa syukur karena mulai tahun ini kita telah siap melaksanakan ujian tes Pra PPLT berbasis komputer untuk pertama kali. Kebijakan ini tentunya atas arahan dari Bapak Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom, agar lebih objektif dan profesional. Kami berharap seluruh mahasiswa semester VII segera melihat jadwal kapan mereka mengikuti tes tersebut, agar tidak ada satu mahasiswa pun yang tidak mendapatkan informasi tes ini. Tes ini menjadi satu keharusan bagi mahasiswa semester VII Unimed sebelum melaksanakan PPLT. Bila ada yang tidak lulus pada ujian tes Pra PPLT ini, kita akan berikan kesempatan lagi satu kali yakni pada 18 Agustus 2017.  

Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. pada saat meninjau tes Pra PPLT mengatakan, ujian Pra PPLT ini menjadi langkah baik bagi Unimed untuk mempersiapkan lulusan yang berdaya saing. Bapak Rektor Unimed telah mengintruksikan agar setiap tes yang dilakukan dilingkungan Unimed bisa kita laksanakan berbasis komputer, karena sekarang sudah era IT. Tes berbasis komputer merupakan bentuk kemajuan bagi civitas Unimed. Tahun ini kita berhasil melakukan tes Pra PPLT berbasis komputer untuk yang pertama, karena tahun sebelumnya masih menggunakan manual yakni paper base test. Tes Pra PPLT ini kita laksanakan bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan profesional sesuai bidang ilmu dan kemampuan pedagogik, karena mereka mayoritas akan melaksanakan PPLT di sekolah-sekolah favorit di wilayah Medan, Deli Serdang, Binjai dan beberapa daerah lainnya. Kita tidak ingin melepas mahasiswa melaksanakan PPLT, namun belum memiliki kemampuan yang memadai. (Humas Unimed).