PENGUMUMAN
Jurnal Internasional

Unimed Gelar Workshop dan Klinik Penulisan Jurnal

Medan – Unimed menggelar workshop dan klinik mengenai kiat dan strategi penulisan artikel yang layak publikasi pada jurnal International bereputasi dengan mengundang narasumber dari Departemen Kimia FMIPA Universitas Gajah Mada (UGM, Yogyakarta), Bapak Dr. Dwi Siswanta M.Eng. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lt. III Ruang Sidang A Biro Rektor Unimed (13/10).

Prof. Manihar Situmorang mengharapkan dengan kehadiran Bapak Dr. Dwi Siswanto, M.Eng. dapat memotivasi dan mendorong para dosen agar meningkatkan kualitas penulisan jurnal bereputasi internasional. Selain itu, beliau juga menyampaikan peranan dosen dalam penulisan jurnal dan karya ilmiah sangat penting, dengan adanya workshop dan klinik seperti ini dapat membantu para dosen dalam meningkatkan mutu dan kualitas tulisan dan penelitiannya.

Dekan Fakultas dan Ratusan dosen antusias dalam mendengarkan dan mengikuti arahan dan bimbingan dari Dr. Dwi Siswanta, M. Eng. Beliau merupakan salah satu editor jurnal bereputasi Internasional di UGM. Pengalamannya, beliau sampaikan dalam kegiatan tersebut.

Dalam paparannya beliau mengatakan “kunci dari pemenuhan standar publikasi ilmiah internasional dimulai sejak perumusan gagasan menjadi proposal penelitian sampai dengan penulisan hasil penelitian menjadi naskah publikasi. Tidak ada jalan pintas dan proses serba cepat, peneliti harus bersedia menjalani proses pembentukan setahap dengan tangguh dan tekun. Dalam tingkat tertentu, peneliti harus mempunyai karakter perfeksionis , baik dalam hal pengambilan data eksperimen, maupun dalam tampilan hasil peneitian dalam naskah publikasi. Semoga semakin banyak peneliti yang semakin meningkatkan kualifikasinya dari sisi kualitas publikasi.”