PENGUMUMAN
Pontianak Wr3

Mahasiswa Unimed Jadi Tim Terbaik di Ajang Expo KMI di Pontianak

Pontianak – Tim Mahasiswa Kewirausahaan Unimed berhasil ukir prestasi sebagai tim terbaik di ajang Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia yg digelar  22-25 Nov 2017 di Politeknik Negeri Pontianak. EXPO KMI merupakan suatu kegiatan tahunan berupa pameran usaha dan ajang temu bisnis bagi mahasiswa pelaksana kewirausahaan. Kegiatan ini diikuti oleh Perguruan Tinggi yang membina mahasiswa berwirausaha.
Adapun rangkaian acara yang dilakukan adalah (1) Seminar Nasional Kewirausahaan, (2) Talk Show Kewirausahaan, (3) Lomba : KMI Award yang meliputi Wirausaha Terbaik dan Stand Terbaik, (4) Sarasehan Forum Pimpinan PT (Rektor, Direktur), (5) Sarasehan Forum Forkomawa – Pengelola Program Kewirausahaan Mahasiswa (6) Pameran dan Bazar Produk Bisnis mahasiswa serta Produk Unggulan.
Ajang kompetisi ini diharapkan menjadi indikator pelaksanaan Program Mahasiswa Wirausaha di perguruan tinggi secara umum. Selain itu juga merupakan wujud apresiasi kepada pengelola dan mahasiswa yang telah melakukan kegiatan kewirausahaan Lomba ini berdasar pada konsep “Real Bussiness Competition”. Sehingga fokus yang menjadi titik penting dalam lomba ini adalah orientasi peserta yang menunjukkan bentuk – bentuk profesionalitas dan keunggulan kinerja usaha yang sudah dijalankan.
Setiap perguruan tinggi yang terpilih untuk mengikuti kegiatan expo kewirausahaan mahasiswa Indonesia ini  hanya diperbolehkan mengirimkan tiga kelompok usaha dengan kategori industri yang berbeda. Kelompok yang dipilih boleh berasal dari program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) atau non KBMI (seperti: program mahasiswa wirausaha, program belajar terpadu, usaha mandiri mahasiswa, ataupun yang lainnya). Perlombaan yang akan diikuti peserta adalah “KMI Award Kategori Wirausaha Terbaik”. KMI Award Kategori Wirausaha Terbaik ini akan dibagi kedalam 5 kategori yaitu: 1. Industri makanan dan minuman, 2. Industri Jasa dan Perdagangan, 3. Industri Teknologi, 4. Industri Kreatif, 5. Industri Produksi/Budidaya.
Tim Unimed mengirimkan tiga kelompok dengan masing-masing Kategori yaitu 1) Tim MoomyKara Foods Medan dengan Kategori Industri Makanan/Minuman, 2) Tim SOP KRAMAS dengan Kategori Industri Kreatif, dan 3) Tim J-Spray (jengkol Spray-Insektisida alami dari limbah kulit jengkol) dengan kategori Industri Teknologi. Tiap-tiap perguruan tinggi harus memilih satu tim yang sudah berhasil dalam berwirausaha untuk mempresentasekan kegiatan kewirausahaan yang telah dilakukannya. Pada kesempatan ini Universitas Negeri Medan mengutus tim MoomyKara Foods Medan untuk mewakili tim Unimed. Presentase kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 23 Nopember 2017 s/d 24 Nopember 2017, Tim Unimed berhasil ukir prestasi sebagai tim terbaik dlm Expo KMI di Pontianak.
Aspek penting penilaian dan indikator : Firmitas (kesesuaian dengan tema), Utilitas (penampilan dan pemanfaatan ruang), Venuitas (keindahan).
Tim Unimed langsung dipimpin Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unimed Bapak Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. Sebagai gambaran, profil tim Universitas Negeri Medan yang terlibat dalam kegiatan expo kewirausahaan Indonesia di Kalimantan Barat, Pontianak adalah sebagai berikut:
Kategori Industri Makanan/Minuman
Kategori industri Makanan/Minuman ini diiukti oleh kelompok MoomyKara Foods Medan. Kelompok ini sebelumnya telah memenangi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tingkat Unimed yang dilaksanakan pada tahum 2016. Prestasi lain yang telah diperoleh yaitu menjadi finalis dalam kegiatan Teras Usaha Mahasiswa Nasional pada tahun 2016 yang dilaksanakan oleh Media cetak Kompas dan pihak perbankan BRI yang sebelumnya dilakukan seleksi tingkat wilayah dan selanjutnya dilakukan seleksi tingkat nasional yang pelaksanaannya diadakan di Jakarta. Prestasi lain yang diperoleh adalah menjadi finalis dalam kegiatan Wirausaha Muda Mandiri tingkat Nasional pada tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Bank Mandiri dan pelaksanaannya diadakan di Bogor. Pada Tahun yang sama yaitu tahun 2017, tim MoomyKara memenangi kegiatan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang diseleksi oleh Tim Ditbelmawa dan berhasil memperoleh dana hibah dalam menjalankan usahanya. Usaha MoomyKara Foods Medan ini sudah memiliki dua buah outlet sebagai tempat pemasarannya di kota medan. Adapun personal tim dalam kategori industri makanan/minuman ini adalah 1) Budi Setiawan (Prodi Pendidikan Tata Boga), 2) Wulan Purnamasari (Prodi Pendidikan Busana), 3) Sri Nurma Jenida (Prodi Pendidikan Busana). Dosen pembimbing dalam kegiatan ini adalah Pardomuan N. J. M. Sinambela, M.Pd.
Kategori Industri Kreatif
Kategori Industri kreatif diikuti oleh Kelompok SOP KRAMAS (Souvenir Pesisir Kreasi Mahasiswa) yang sebelumnya telah memenangi kegiatan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang diseleksi oleh Tim Ditbelmawa dan berhasil memperoleh dana hibah dalam menjalankan usahanya. Adapun personal tim dalam kategori industri kreatif ini adalah 1) Grace Enenta Simangunsong (Prodi Pendidikan Antropologi), 2) Ramot S. H. K. Harianja (Prodi Pendidikan Antropologi), 3) Syafreni Tanjung (Prodi Pendidikan Antropologi), 4) Erik Malau (Prodi Pendidikan Antropologi), 4) Pegi Dodi Sapringga (Prodi Pendidikan Admionistrasi Perkantoran). Dosen pembimbing dalam kegiatan ini adalah Daniel H. P. Simanjuntak, S.Sos., M.Si.
Kategori Industri Teknologi
Kategori industri teknologi diikuti oleh kelompok J-Spray (jengkol Spray-Insektisida alami dari limbah kulit jengkol) yang sebelumnya telah berhasil meraih medali perak (Juara II) kategori Agrikultur dan Special Award dari World Invention and Innovation Promotion Association (WIPA) dalam ajang International Invention, Innovation and Technology Exhibition (ITEX) ke 28 di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 11-13 Mei 2017. Adapun personal tim dalam kategori industri teknologi ini adalah 1) Sartika Talambanua (Prodi Bimbingan Konseling FIP), 2) Dicky Mahaputra Tarigan (Prodi Pendidikan Bilingual FMIPA), dan 3) Ari Andrian (Prodi Pendidikan Akuntansi FE). Dosen pembimbing dalam kegiatan ini adalah Dr. Rahmatsyah, M.Si.
Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yg ditorehkan oleh tim mahasiswa kewirausahaan Unimed yg berhasil sebagai tim terbaik di ajang Expo KMI di Pontianak. Semoga prestasi ini dapat terus mnjadi pendorong mahasiswa Unimed untuk lebih berprastasi di smua kompetisi mahasiswa, karena prestasi tersebutlah satu wujud keberhasiln proses pembelajaran di kelas. Kita berharap tim Kewirausahaan  mahasiswaan Unimed dpt meningkatkn skill dn pengetahuan agar lebih berprestasi. (Humas Unimed).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>