PENGUMUMAN
Unimed Juara MTQ 2014

UNIMED Juara Umum MTQ Tingkat Perguruan Tinggi Sumatera Utara Tahun 2014

Pangelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Perguruan Tinggi Provinsi Sumatera Utara digelar pada tanggal 19-20 april 2014 di Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), dan diikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta baik perguruan tinggi umum maupun perguruan tinggi agama yang ada di provinsi Sumatera Utara.

Dalam even Pangelaran Musabawah Tilawatil Quran (MTQ) tersebut dilombakan berbagai cabang, diantaranya adalah a) membaca quran (tilawah) tingkat remaja putra- putri dan tilawah dewasa putra-putri. b) tafsir bahasa Indonesia (hifzil quran) putra dan putri, c) syahril quran putra dan putri, d) fahmil quran putra dan putri, e) penghafal quran (hafiz quran) 10 juz, 20 juz dan 30 juz putra dan putri, f) khot naskah mushaf putra dan putri, dan khot dekorasi putra dan putri.

Unimed dalam lomba MTQ tingkat Perguruan Tinggi Provinsi Sumatera Utara mengirimkan 21 utusan, yang mana ke 21 utusan Unimed tersebut diutus  untuk mengikuti lomba MTQ antar perguruan tinggi tingkat Sumatera Utara. Para mahasiswa yang diutus tersebut merupakan mahasiswa pilihan hasil seleksi secara ketat dan objektif ditingkat fakultas dan tingkat universitas. Jadi mereka telah melewati fase yang menuntut mereka benar-benar sudah meliki potensi diri yang telah ditempah sebelum masuk menjadi mahasiswa Unimed. Kegiatan even lomba MTQ ini diikuti oleh seluruh perguruan tinggi yang ada di provinsi Sumatera Utara, baik negeri maupun swasta, baik perguruan tinggi umum dan bernuansa keagamaan.

Pada saat acara penutupan yang diadakan pada tanggal 20 april 2014 di pelataran kampus UISU Medan diumumkan semua pemenang perlombaan yang digelar dalam event MTQ tingkat Perguruan Tinggi di Sumatera Utara tersebut. Kami bersyukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dan alhamdulillahUnimed menjadi Juara Umum dalam event tersebut. Unimed berhasil memanangkan beberapa lomba yang diperebutkan, diantaranya : a) Syafron Dalimunthe meraih Juara I Tilawah Dewasa Putra, b) Ayu Artika Putri meraih Juara III Telawah Dewasa Putri, c) M. Fahmi Hakim Nasution meraih Juara II Syahril Quran putra, d) Khairunnisa Harahap meraih Juara I Fahmil Quran putri, e) Lutfhi Amin Rizky meraih Juara 1 Hafiz Quran 10 Juz Putra, f) Heri Mulyono meraih Juara harapan I Hafiz Quran putra20 juz putra, g)Muhammad Fauzan meraih juara I Hafiz Quran 30 juz putra, h) Supriyanto meraih Juara I Khat Hiasan putra, i) Nur Dewi Yusnita meraih Juara II Khat Naskah putri, j) Ahmad Fadil meraih Juara III Khat Naskah Mushaf putra, k)Julia Mardiyah meraih Juara III Khat Naskah Mushaf putri, l) Cahayati meraih Juara I Khat Dekorasi putri. Total jumlah juara lomba MTQ yang dapat diraih oleh Unimed sebanyak 12 perlombaan, sehingga pada pertemuan penutupan tersebut Unimed didaulat menjadi Juara Umum dalam kegiatan MTQ tingkat perguruan tinggi Sumatera Utara.

Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, pada saat menerima laporan dari kordinator kontingen MTQ Unimed mengatakan bahwa kita Unimed sangat bersyukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dan merasa berbangga hati dalam event lomba keagamaan tingkat provinsi Sumatera Utara kita menjadi Juara Umum. Kebahagiaan dan kebanggaan tersebut karena kita sebagai perguruan tinggi umum dapat mengalahkan peserta-peserta yang berasal dari perguruan tinggi bernuansa agama. Pimpinan Unimed akan terus selalu dukung semua kegiatan yang dilakukan oleh civitas akademika Unimed, terutama kegiatan yang dapat mengembangkan potensi-potensi diri mahasiswa yang terpendam. Walau kesibukan aktivitas akademik masing-masing mahasiswa, namun kita akan terus dorong para mahasiswa yang memiliki potensi diri dapat dikembangkan di Unimed. Sehingga dalam even keagamaan seperti MTQ ini Unimed akan terus bisa berbicara dan menunjukkan potensi diri para mahasiswa Unimed, bahwa Unimed itu luar biasa. Semoga seluruh civitas akademika Unimed akan mampu terus berkarya demi kemajuan bangsa dan segara. (Humas Unimed).