PENGUMUMAN
DSC_2935

Unimed Kerjasama Risbang Ristekdikti Balitbang Provsu Tingkatkan Hilirisasi Hasil Penelitian

Unimed – Lembaga Penelitian (LEMLIT) Unimed menggelar Seminar Nasional Hilirisasi Penelitian Tahun 2016 pada rabu, 21 Desember 2016 di Aula Digital Library Unimed. Seminar ini digelar sebagai wadah bagi para dosen yang berhasil memenangkan hibah nasional untuk mempersentasikan karyanya kepada civitas dan pemerintah terkait, agar dapat bermanfaat langsung bagi masyarakat dan dunia industri. Hadir diacara pembukaan, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Direktur Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti Dr. Sadjuga, M.Si, Kepala Balitbang Prov Sumut Ir. H. MA. Effendy Pohan, M.Si, Para Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs dilingkungan Unimed dan Ketua Lemlit Unimed Prof. Motlan, MSc. Ph.D, serta 74 peneliti dibidang pendidikan, sains, teknologi, seni dan budaya, dan humaniora, turut hadir juga ratusan dosen dan mahasiswa Unimed.

Prof. Syawal Gultom, dalam sambutannya mengatakan, Unimed akan terus meningkatkan sistem informasi yang tepat, cepat dan akurat agar menghasilkan publikasi hasil penelitian yang inovatif dan kreatif yang dilakukan oleh dosen-dosen Unimed. Kita berharap hasil penelitian tersebut mampu memberikan nilai tambah pada dunia usaha dan dunia industri. Semua hasil penelitian yang dilakukan dosen harus kita dorong untuk dipublikasikan kejurnal terindeks internasional dan terakreditasi nasional. Hal itu pastinya akan meningkatkan terus reputasi publikasi ilmiah kita di dunia internasional.

“saya berharap di tahun 2017 kita terus membumikan hasil penelitian dosen Unimed, hingga memberikan manfaat bagi masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan. Masyarakat dan dunia industri pasti membutuhkan karya hasil penelitian ilmuwan Unimed dalam meningkatkan produktivitas mereka”, ujar Prof. Syawal.

Effendy Pohan, M.Si, selaku Balitbang Prov. Sumatera Utara mengatakan, seminar nasional hilirisasi hasil penelitian kerjasama Risbang Kemristekdikti dan Balitbang Prov Sumut ini kita harapkan manfaat bagi kebutuhan pembangunan Sumatera Utara yang maju dan rakyatnya penuh kesejahteraan hidup. Kegiatan ini sejalan dengan visi Balitbang Sumut yang berorientasi pada hasil yang sudah mempertimbangkan kekuatan, kelemahan dan besarnya peluang yang ada sekaligus melihat tantangan yang dihadapi, serta memprediksi jawaban atas perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta teknologi informasi dalam mendukung pembangunan ekonomi masyarakat dan daya saing daerah Sumatera Utara. Kami akan gandengn Unimed dalam mewujudkan harapan Pemprovsu tersebut, karena kami tahu kinerja Lemlit Unimed sangat produktif dalam menghasilkan hasil penelitian yang kami butuhkan, serta SDM dosen Unimed yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Pemrov Sumut akan bersama Unimed dalam mengupayakan terciptanya kesejahteraan masyarakat yang baik dan membantu dunia usaha berkembang dan maju melalui hasil penelitian-penelitian yang dibutuhkan.

Dr. Sadjuga, M.Sc, selaku Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti mengungkapkan rasa salutnya kepada Lembaga Penelitian Unimed yang kinerjanya terus meningkat. Tidak hanya Lemlit, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakatnya juga telah berhasil memenangkan puluhan hibah nasional. Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi civitas dan pimpinan Unimed. Fakta ini juga menungkapkan bahwa dosen-dosen Unimed aktif dan kreatif dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Saya sangat mengapresiasi prestasi baik ini, dan berharap ditahun depan akan terus meningkat produktivitas civitas Unimed untuk menghasilkan karya yang lebih inovatif dan bisa diarahkan hasilnya untuk menyahuti dunia kerja dan masyarakat luas. (Humas Unimed).