PENGUMUMAN
Paten

UNIMED Komit Tingkatkan Inovasi Dan Hak Paten

MEDAN (Unimed) – Universitas Negeri Medan menerima kehormatan dari Direktorat Paten Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam menggelar kegiatan Sosialisasi UU Paten No. 13 Tahun 2016 dalam rangka pengusaan Teknologi Nasional. Sosialisasi yang dilaksanakan pada Senin, 3 April 2017 di Ruang Sidang A Biro Rektor ini dihadiri oleh Rektor Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, para Wakil Rektor, Dekan Direktur PPs, dan ratusan dosen Unimed. Hadir sebagai narasumber dalam mensosialisasikan undang-undang Paten No. 13 Tahun 2016 ini adalah Direktur Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang, Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham Ir. Timbul Sinaga M.Hum.

Kegiatan sosialisasi UU No. 13 Tahun 2016 ini bertujuan agar para dosen di perguruan tinggi dapat meningkatkan hak paten dari karya yang telah dihasilkan. Guna mendukung penguasaan teknologi nasional dan mendorong agar dosen-dosen di perguruan tinggi termotivasi untuk terus berkarya dalam menghasilkan karya inovatif yang di hak patenkan.

Hak Paten 2

Prof. Syawal Gultom dalam sambutannya mengatakan, puncak dari karya dosen di perguruan tinggi adalah inovasi, bagaimana menghasilkan paten-paten sebagai inovasi karena itu level tertinggi dari suatu bangsa. Sosialisasi UU No. 13 Tahun 2016 ini sungguh memberikan pendorong bagi dosen di perguruan tinggi untuk lebih mempersiapkan diri agar bisa lebih inovasi dalam menghasilkan karya hingga di patenkan. Kita sedih jika mendengar banyak karya inovatif yang dihasilkan ilmuwan Indonesia, namun yang memiliki hak patennya orang asing. SDM dosen di Indonesia sungguh sangat potensial untuk menghasilkan karya inovatif yang bisa mengalahkan ilmuwan di dunia. Hanya kita kadang kurang waspada atau merasa sepele untuk mempatenkannya menjadi milik anak bangsa. Atas dasar UU ini, mari kita lebih waspada dan tetap merancang yang terbaik dari karya-karya yang akan kita hasilkan untuk di patenkan.

Melalui pertemuan sosialisasi UU No 13 ini, saya ajak seluruh civitas Unimed untuk meningkatkan kerjasama dan komitmen bersama, agar dapat meningkatkan hasil karya-karya yang lebih inovatif di tahun 2017 ini hingga kita patenkan. Kami pimpinan siap memberikan dukungan dan memfasilitasi untuk mempatenkan karya inovatif dosen dan mahasiswa. Tidak ada hal yang tidak munkin kita hasilkan, jika kita memiliki kemauan dan tekat bersama. Selamat berkarya untuk kemajuan Unimed dan negeri Indonesia tercinta, ujar Prof. Syawal.

Sementara Ir. Timbul Sinaga M.Hum, menjelaskan tantangan masyarakat ekonomi asean yang sudah kita rasakan sungguh  menciptakan peluang, tantangan, dan resiko bagi Indonesia, sejarah perkembangan paten di Indonesia di mulai dari UU Nomor 6 Tahun 1989 tentang paten, UU Nomor 13 Tahun 1997 tentang perubahan atas UU Nomor 6 Tahun 1989 tentang paten, UU No16 Tahun 2001 Tentang paten dan UU Nomor 13 Tahun 2016 tentang paten. Suatu bangsa mampu bersaing melalui inovasi pengusaan teknologi menjadikan suatu negara atau bangsa menjadi sejahtera. Melalui sosialisasi UU ini, pemerintah memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan karya inovasi anak bangsa yang bisa di patenkan di negeri ini. Pemerintah telah memberikan berbagai kemudahan agar karya-karya tersebut bisa dipatenkan. Melalui paten-paten tersebut, jika terus meningkatkan tentu akan mendukung nilai publikasi ditingkat internasional.

Sosialisasi ini juga diharapkan dapat membantu kita bersama dalam melahirkan pemikiran baru dalam pengololaan sumber daya baru dan inovasi berkembang. Unimed pasti bisa menghasilkan banyak karya inovatif yang dapat di patenkan, tutup Timbul Sinaga. (Humas Unimed).