PENGUMUMAN
Unimed Komitmen Tingkatkan Publikasi Internasional

Unimed Komitmen Tingkatkan Publikasi Internasional

Unimed – Pascasarjana Unimed gelar seminar akademik diawal perkuliahan semester genap dalam rangka meningkatkan hasil publikasi ilmiah para dosen dan mahasiswa Pascasarjana. Seminar yang bertajuk “Implementasi kebijakan publikasi hasil penelitian tesis dan disertasi sebagai standar kelulusan pascasarjana Unimed” menghadirkan pembicara Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Ratusan peserta seminar memadati ruang Auditorium Unimed (16/02) guna mengikuti seminar akademik tersebut. Turut hadir Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd, Dekan Se-Lingkungan Unimed, dan para dosen Pascasarjana Unimed.

Merespon Permenristekdikti No. 20 tahun 2017 : tentang pemberian TP Dosen dan TK Profesor dengan mewajibkan lulusan S1, S2 dan S3 serta dosen dalam publikasi karya ilmiah sesuai dengan UU No. 12 tahun 2012, Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016, dan Surat edaran dirjen belmawa tahun 2016. Dirasa perlu untuk lebih menggiatkan dan mendorong mahasiswa dalam peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi, sehingga menciptakan pendidikan tinggi yang berkualitas sehingga mendorong kemajuan bangsa.

Dalam paparannya, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan publikasi internasional kita masih rendah, faktor permasalahannya adalah minimnya akses referensi untuk penulisan publikasi, sarana penelitian yang masih minim, kolaborasi penelitian rendah, pembimbingan publikasi internasional kurang intensif, dan minimnya jurnal Indonesia bereputasi internasional.

Lanjut Beliau, menjawab persoalan tersebut, Unimed memiliki strategi tersendiri dan akan diterapkan pada perkuliahan. Ada 7 strategi unimed dalam meningkatkan publikasi internasional tersebut antara lain; 1) Menyediakan layanan “Klinik Penulisan Publikasi Ilmiah” bagi dosen, 2) Menulis bersama dengan mahasiswa S2 dan S3, oleh sebab itu pembimbingan perlu diintensifkan sehingga disertasi dan tesis yang dimaksud layak publikasi, 3) Melakukan pemetaan dan penilaian terhadap hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen dengan kategori optimis, potensial, dan kerja keras, 4) Menyiapkan berbagai skema pendanaan penelitian, baik dari internal kementerian, universitas maupu kerjasama, 5) Memperbanayak langganan jurnal-jurnal nasional dan internasional yang relevan serta secara rutin melakukan pengkajian yang kritis terhadap jurnal-jurnal dimaksud dengan melibatkan para ahli dan penulis-penulis produktif dari berbagai lembaga dan perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri, 6) Secara konsisten menerapkan perkuliahan yang berbasis produk 6 tugas, 7) Khusus tentang peningkatan kualitas skripsi, tesis dan disertasi dilakukan penataan relevansi keahlian dosen pembimbing/promotor, standarisasi intensitas kualitas proses pembimbingan, standarisasi substansi kajian skripsi, tesis dan disertasi, standarisasi metodologi, standarisasi output, dan satandarisasi proses ujian (seminar hasil, ujian tertutup dan promosi).

Melalui seminar akademik ini, Unimed memiliki komitmen meningkatkan publikasi ilmiah dijurnal nasional dan internasional. Dosen dan mahasiswa akan kita dorong dan berikan dukungan, serta fasilitas untuk berupaya menulis dan terpublikasi di jurnal bereputasi nasional dan internasional. Kebijakan ini sejalan dengan harapan pemerintah dalam meningkatkan publikasi ilmiah. (Humas Unimed).