PENGUMUMAN
Pusdibang KS Narkoba

UNIMED Kuatkan P2AN & P4GN Di SUMUT

Medan (Unimed) – Pusdibang-KS Unimed bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menguatkan program pemerintah dalam pergerakan pemuda anti narkotika. Kegiatan ini di kemas dalam seminar dan sosialisasi bahaya narkoba bersama elemen pemuda di Sumatera Utara. Pertemuan ini juga menguatkan terbentuknya Pergerakan Pemuda Anti Narkotika (P2AN) dan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Kegiatan ini digelar pada 1 november 2016 di gedung serbaguna Unimed.

Turut hadir dalam forum tersebut ; Komunitas anti narkoba pergerakkan pemuda anti narkoba(P-2AN), Rektor Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, didampingi WR 1, WR3, WR4, Dekan FMIPA, Dekan FIS, Gubernur SUMUT di wakili Bapak Ferlin H. Nainggolan. SH (Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Prov.SUMUT), BNN SUMUT, Kepala Dinas Kesehatan Prov.SUMUT, guru-guru dari SMP, SMA , SMK di Medan, ratusan mahasiswa Unimed dan dosen.

Kepala Pusdibang-KS Dr. Farihah. M.Pd, harapannya kepada generasi penerus bangsa jadilah generasi yang bebas dari narkoba, demi masa depan yg bahagia. Jadilan generasi emas harapan bangsa yang dapat membawa kemajuan dan contoh teladan. Suatu bangsa akan maju dan berkembang jika memiliki generasi muda yang kompeten dan berkarakter.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam sambutan mengatakan, saat ini perlindungan anak dari bahaya narkoba masih cukup efektif.walaupun pemerintah sudah menyatakan dalam uu perlindungan anak no 23 tahun 2002 dalam pasal 20 ,namun perlindungan anak dari narkoba masih jauh dari harapan.Narkoba adalah isi yg kritis dan rumit yg tidak bisa diselesaikan oleh hanya satu pihak saja.Karena narkoba bukan hanya masalah individu namun msalah semua orang.Mencari solusi yang tepat merupakan sebuah pekerjaan besar yang melibatkan dan memobilisasi semua pihak baik pemerintah, LSM dan komunitas lokal.

Lanjut Prof. Syawal, dalam kesempatan/kegiatan ini saya mnyampaikan sangat pnting untuk bekerja sama dalam rangka melindungi anak dari bahaya narkoba dan memberikan alternatif aktivitas yang bermanfaat seiring dengan menjelaskan kepada anak anak tentang bahaya narkoba dan konsekuensi negatif yang akan mereka terima.Anak-anak membutuhkn informasi,strategi,dan kemapuan untuk mencegah mereka dari bahaya narkoba atau juga mengurangidampak dari bahaya narkoba dari pemakaian narkoba dari orang lain.Di indonesia perkembangan pecandu narkoba semakin pesat.

Ferlin H. Nainggolan SH, selaku Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Prov. Sumut mewakili GUBSU mengatakan “mewujudkan generasi emas anti narkoba melalui sosialisasi P4GN. Narkoba merupakan salah satu ancaman serius bagi kehidupan para pemuda,pelajar dan lapisan masyarakat lainnya.Penyalahgunaan narkoba saat ini buka hanya terbatas pd kalangan tertentu sja,tetapi hampir semua kalangan.Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tidak bisa dicegah. Hingga saat ini upaya paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba yaitu dimulai dari pendidikan keluarga yang baik disertai pendidikan yang didapat dari sekolah secara efektif dan mendapat pemahaman tentang bahaya narkoba itu sendiri,untuk mencegah ini semua dibutuhkan peran aktif dari kita semua,mari sama-sama kita turut serta dalam mensukseskan kegiatan ini dan mengapresiasi secara penuh kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Unimed atau pemuda yang saat ini tergabung dalam komunitas anti narkoba (pergerakkan pemuda anti narkoba(P-2AN) Medan yg mendapat dukungan penuh dari jajaran Pemprovsu dan lembaga yang berada di Unimed yaitu PUSDIBANG-KS dan Rektorat Unimed yg telah memfasilitasi berjalannya kegiatan ini.Harapan kita kedepan langkah-langkah yang ditempuh demi terwujudnya generaasi pemuda tanpa narkoba dapat disinergikan dan perlunya dilakukan sosialisasi secara rutin untuk memberikan pemahaman serta sebagai salah satu upaya pencehagan terhadap penyebaran narkoba.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 150 org yang terdiri dari mahasiswa, siswa, guru,dan dosen. Tujuan kegiatan : Melaksanakan kegiatan seminar, sosialisasi bahaya narkoba pada tingkat sekolah. Melaksanakan kegiatan seminar, sosialisasi bahaya narkoba pada lingkungan masyarakat, Pengukuhan secara resmi komunitas anti narkoba P-2AN, Menumbuhkan semangat pemuda untuk menghindari narkoba dan melakukan upaya pencegahan peredaran narkoba. (Humas Unimed).