PENGUMUMAN
pelatihan dosen muda

UNIMED Latih 45 Dosen Muda Dalam Kembangkan Karir

Berastagi – Universitas Negeri Medan memberikan Pelatihan dan Pembekalan Dasar  para tenaga pendidik (dosen)  muda tahun 2015 dalam mengembangkan karir di perguruan tinggi, serta dapat membantu secara optimal dalam memajukan Unimed menjadi universitas yang maju dan berprestasi. Ke-45 peserta pelatihan ini berasal dari 7 fakultas di lingkungan Unimed. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada 30 November – 2 Desember 2015 di The Hill Hotel and Resort Sibolangit. Waktu pelatihannya selama tiga hari dari pukul 08.00 – 22.00 Wib setiap harinya. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, didampingi para Wakil Rektor I, II, III, IV, Dekan FBS, FIP, FT, FIS, FIK, FMIPA, FE, dan Direktur PPs. Ketua Pelaksana Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes.

Para dosen muda Unimed selama pelatihan diberi pemahaman dan skill yang disampaikan oleh Rektor, Wakil Rektor dan Dekan agar menjadi dosen yang sukses dalam berkarir dan dapat mewujudkan harapan civitas untuk menjadi dosen yang akan memberikan sumbangsih untuk pengembangan Unimed menjadi universitas yang maju dan menjadi idaman masyarakat. Mereka dilatih cara mengembangkan karir sampai pensiun, selain itu mereka dituntut untuk aktif meneliti, baik dalam mengemas perkuliahan dan mampu melakukan pengabdian bermasyarakat. Mereka juga diberikan pemahaman tentang mengetahui peran dan fungsi dosen di perguruan tinggi.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, memaparkan materi tentang Manajemen Strategis Pengelolaan Perguruan Tinggi. Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, memaparkan materi tentang Penerapan Kurikulum KKNI. Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S, memaparkan materi tentang Pengembangan Karir Dosen. Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, memaparkan materi tentang Program Kreativitas Mahasiswa, dan Wakil Rektor IV memaparkan materi tentang Penyusunan Proposal Hibah.

Dalam paparannya Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, mengatakan bahwa pelatihan dosen muda Unimed ini merupakan upaya pimpinan untuk mempersiapkan mereka menjadi dosen terbaik yang memiliki minat dan keinginan untuk maju dan aktif memberikan sumbangsih untuk kemajuan Unimed kedepan. Berbagai materi telah kita rancang agar para peserta dosen muda ini dapat berkarir dengan baik selama mengabdi di kampus hijau Unimed. Dipundak merekalah masa depan kemajuan Unimed, oleh karena itu kita harus dorong dengan serius agar mereka bisa secepatnya melanjutkan studi S3 ke luar negeri, serta kita dorong terus untuk aktif melakukan penelitian dan pengebdian kepada masyarakat setelah mengikuti pelatihan ini.

Kegiatan pelatihan dosen muda ini telah dilaksanakan setiap tahunnya, dan hasil analisis kami pimpinan memiliki dampak positif yang luar biasa terhadap kinerja mereka selama mengabdikan dirinya di kampus. Atas dasar itu kita akan terus programkan kegiatan seperti ini untuk setiap tahunnya, tentunya dengan pola dan strategi yang berbeda. Kita berharap jika para dosen muda terus kita latih dan bekali dengan sesuatu yang baik, maka mudah-mudahan akan terus berdampak positif bagi kemajuan Unimed menjadi lebih maju dan berprestasi kedepannya.

Sementara ketua pelaksana Syamsul Gultom, S.KM. M.Kes, ditempat terpisah mengatakan bahwa kegiatan ini telah lama dirancang agar bisa berjalan dengan baik dan sukses, serta akan berdampak positif dalam melahirkan dosen muda yang akan terus mengembangkan karirnya dengan baik di Unimed. Kita panitia sangat berharap mereka ini nantinya setelah diberi latihan berbagai materi, akan membentuk mereka menjadi lebih peduli dan siap menjadi dosen yang terbaik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dibidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (Humas Unimed).