PENGUMUMAN
Pelatihan dosen muda

Unimed Latih Dosen Muda untuk Tingkatkan Kompetensi dan Leadership

MEDAN (Unimed) – Universitas Negeri Medan memberikan pelatihan leadership dan penguatan kompetensi dosen muda tahun 2017 dilingkungan Unimed. Kegiatan berlangsung pada tanggal 2 Desember 2017 di lantai III ruang sidang A Gedung Biro Rektor Unimed kemudian di lanjutkan pada tanggal 03-05 Desember 2017 di Taman Simalem Resort.

Turut hadir dalam acara pembukaan kegiatan yakni Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd., Wakil Rektor II Dr. Restu, MS., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Dekan Fakultas, Direktur PPs dan Narasumber dari Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Hermanto Siregar, M.Ec.(Warek II IPB)

Dalam sambutannya Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom M.Pd menyambut baik dan mengapresiasi adanya kegiatan pelatihan leadership dan penguatan kompetensi dosen-dosen muda di Unimed. Mengingat tantangan Unimed kedepannya akan semakin besar dengan mengembangkan budaya akademik yang produktif dan budaya ilmiah, budaya ilmiah itu adalah seluruh ide gagasan tindakan dan pemikiran dari sebuah karya yang berbasis ilmu pengetahuan dan tekonologi, karena itu sebagai dosen muda tanggung jawab kita di lekatkkan pada pendidik profesional, jadi dosen tidak mungkin bisa memperbaiki kualitas pembelajarannya kalau tidak meneliti sendiri dan ikut terjun kelapangan.

Lanjut Prof. Syawal, Sebagai Universitas yang unggul, Unimed berkepentingan mengarahkan dan melatih dosen muda agar memiliku kompetensi yang unggul dan tidak terkontaminasi pada dosen senior yang tidak produktif. Saya berharap dosen muda Unimed harus cepat lari kedepan, dalam artian mengajar secara profesional, objektif dan berorientasi pada produk karya ilmiah yang dapat dibanggakan institusi. Dosen muda Unimed harus bisa bersaing dalam hibah-hibah nasional, agar Unimed dapat terus berkontribusi dalam pembangunan nasional.

Prof. Dr. Hermanto Siregar, M.Ec dalam paparannya mengatakan sebagai pendidik kita harus tau apa yang sedang terjadi dengan profesi kita. Jadi kita sebagai pendidik juga bisa berkiprah di dunia industri yang bersangkutan sehingga kita di dalam kelas menyampaikan materi tidak hanya dengan teori tetapi kita sudah tau prakteknya. Sebagai dosen muda kita perlu kerja yang lebih keras lagi agar para peserta didik dapat menambah kemampuan dan penguasaan skillnya, dapat dengan cara memperluas networking, penelitian bersama lembaga, membuat agenda penelitian divisi dan konsultasi dapat dipergunakan sebagai sumber data publikasi ilmiah.

Sementara ketua panitia Syamsul Gultom. S.KM.M. Kes, mengatakan, kegiatan pelatihan leadership dan penguatan kompetensi dosen muda Unimed ini telah menjadi program rutin tahunan. Kegiatan ini bertujuan agar dosen muda memiliki semangat lebih dan terus meningkat, sehingga dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi baik pengajaran, penelitian dan pengabdian terus dapat berkarya dan bersaing secara nasional. Selain itu, dosen muda juga perlu di kuatkan kesatuan persepsi dirinya agar dapat berkontribusi untuk kemajuan kampus tercinta Unimed menjadi universitas yang unggul, maju dan berdaya saing. Semoga dosen muda Unimed memiliki semangat, kemauan dan komitmen yang tinggi untuk terus berinovasi dan kerkarya untuk Unimed yang kita banggakan. (Humas Unimed)