PENGUMUMAN
UNIMAL Pekerti AA

UNIMED Latih Dosen UNIMAL Bidang PEKERTI Dan AA

LHOKSEUMAWE – Universitas Negeri Medan diberi amanah oleh Universitas Malikussaleh Lhokseumawe untuk melatih dosen-dosen dalam bidang PEKERTI dan AA. Kegiatan ini diawali dengan dilakukannya penandatanganan MoU antara Unimed dan Unimal dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Acara pembukaan Pekerti dan AA digelar pada Selasa, 25 Juli 2017 di Aula Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Lhoksuemawe. Acara Pekerti dan AA dibuka oleh Wakil Rektor IV Unimal Julimursyida, Ph.D. Turut hadir Wakil Rektor I Unimal Dr. Muhammad, ST, M.Sc. Pimpinan Unimed yang hadir sekaligus menjadi narasumber adalah Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid, K, M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, MS, Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D. Wakil Dekan II FIK Syamsul Gumtom, S.KM, M.Kes. Ketua LP2AI Prof. Dr Efendi Napitupulu, M.Pd.

Kegiatan Pekerti dan AA yang dilakukan Unimal dengan mempercayakan Unimed sebagai pelaksana secara full. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dari 25-27 Juli 2017. Dengan peserta para dosen-dosen Unimal.

Julimursyida, Ph.D, dalam sambutannya mengatakan merasa senang dan bangga bisa menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Medan, dan langsung dilanjutkan dengan kegiatan Pekerti dan AA bagi dosen-dosen Unimal. Kami sangat percaya kepada Unimed dalam melaksanakan kegiatan. Unimed sekarang telah maju dan menjadi kampus satu-satunya di Sumatera Utara yang telah terakreditasi A. Ada banyak juga dosen-dosen Unimal yang alumni dari Unimed. Mereka memiliki kualitas yang bagus. Atas beberapa data tersebut kami Unimal mempercayakan kegiatan Pekerti dan AA kepada Unimed melalui LP2AI. Kami berharap kegiatan ini dapat membentuk dosen-dosen Unimal dapat lebih bertanggungjawab dan terus meningkatkan kompetensi diri untuk menjadi dosen yang profesional.

UNIMAL

Kegiatan Pekerti dan AA disambut sangat antusias oleh para dosen selaku peserta, dan dilanjutkan dialog tanya jawab. Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Rektor Unimed hadir ke Universitas Malikussaleh (Unimal) untuk menyampaikan materi “sistem penjaminan mutu perguruan tinggi”.

Prof. Syawal Gultom, yang telihat penuh semangat dan energik, membuat para peserta Pekerti dan AA lebih bersemangat mengikuti penyampaian materi. Isi materi yang disampaikan beliau terkait meningkatkan penjaminan mutu internal perguruan tinggi. Beliau mengatakan, the part towords strengthering intelellectuality, ada enam tugas bagi seorang dosen dalam mengembangkan kariernya di perguruan tinggi yaitu teaching, research, supervison, seminar, publication, dan services.

Untuk itu, dosen itu dibutuhkan pemikiran yang bagus bukan saja mengajar. Dosen mampu memposisikan diri sebagai seorang akademik yang harus menjadi seorang sarjana yang menguasai bidang keahlian. Dosen itu seorang akademik yang harus menjadi scholarship dan menjadi seorang intelellectual. Untuk itu, Prof. Syawal Gultom menyarankan, lakukanlah penelitian dan kaji terhadap kebermanfaatan dalam pengembangan institusi dan peningkatan kompetensi diri.

Lanjut Prof. Syawal Gultom, kami Unimed memiliki banyak potensi yang dapat kita kembangkan bersama dalam meningkatkan kemajuan antara Unimal dan Unimed. Kami sangat terbuka kepada semua pihak dalam melakukan kerjasama, baik bidang pendidikan, industri, dan budaya. Suatu hal yang baik kalau kita lakukan bersama dengan kesungguhan, pasti akan membuahkan hasil yang positif untuk kemajuan bersama. Terima kasih kami ucapkan kepada pimpinan Unimal yang hari ini resmi menggandeng Unimed dalam peningkatan SDM dosen dan penjaminan mutu. Kemudian langsung kita aksi bersama dalam kegiatan pelatihan PEKERTI dan AA untuk meningkatkan kualitas dosen-dosen Unimal dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kita berharap akan ada aksi lainnya dalam meningkatkan kemajuan bersama. Misalnya join research, pertukaran dosen dan mahasiswa, dan melakukan pengabdian bersama. Hal itu pasti bisa kita lakukan jika selalu duduk bersama dalam hal merancang untuk mewujudkannya. (Humas Unimed).