PENGUMUMAN
Dosen PA

UNIMED Optimalkan Layanan Pembimbingan Dosen Akademik

MEDAN (Unimed) – Dalam rangka meningkatkan pelayanan proses pembimbingan akademik kepada seluruh mahasiswa, Unimed menggelar Pelatihan Bimbingan Akademik dalam rangka Penigkatan Kualitas Layanan Bimbingan Akademik bagi Dosen Penasehat Akademik (PA) dalam membantu permasalahan mahasiswa. Setiap dosen di Unimed pasti menjadi dosen PA bagi beberapa mahasiswa di program studi nya. Dosen PA bagi mahasiswa merupakan orang tua nya di kampus, maka selayaknya dosen PA harus memberikan perhatian yang baik bagi mahasiswa yang dibimbingnya agar sukses secara akademik dan sukses masa depan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Unit Pelayanan Bimbingan Konseling (UPBK) Unimed di Ruang VIP Gedung Serbaguna VIP Unimed. Turut hadir Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Ketua UPBK Prof. Dr. Abdul Munir, M.Pd, dan puluhan dosen perwakilan dari setiap fakultas dilingkungan Unimed. Narasumber yang memberikan materi dalam pelatihan ini adalah : Prof. Dr. Abdul  Munir, M.Pd, Prof. Dr. Asih Menanti, MS, Dra. Zuraidah Lubis, M.Pd. Kons, Dra. Rahmulyani, M.Pd. Kons.

Dosen PA 2

Prof. Dr. Abdul Munir, selaku ketua panitia acara dalam sambutannya mngatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kesungguhan Unimed dalam membina dosen PA untuk mendukung kualitas proses pembimbingan akademik kepada mahasiswa dan mendorong kesungguhan belajar. Keterampilan membimbing ini  merupakan suatu cara yang simpati dan memerlukan kelapangan dada bagi para dosen dalam proses komunikasi  verbal  dan non-verbal dengan mahasiswa. Proses tersebut diharapkan dapat memberi pengaruh terhadap keinginan mahasiswa untuk berkonsultasi kepada dosen PA nya. Sehinga mahasiswa senang dan mendapat sesuatu yg bermanfaat bagi dirinya disaat mendapat bimbingan dari dosen PA nya. Agar dosen PA dapat memiliki keterampilan dasar dalam membimbing ini, maka UPBK berupaya memberikan pelatihan agar proses pembimbingan akademik kepada mahasiswa dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Pelatihan ini akan diarahkan untuk membekali dosen PA dalam memiliki keterampilan dasar membimbing mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Dampak dari pelatihan ini akan tergambar dari semakin semangatnya dan semakin senangnya mahasiswa berkonsultasi dengan dosen PA nya.

Dosen PA 3

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam arahannya menyampaikan agar dosen pembimbing akademik (PA) yang hadir dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, karena kegiatan ini kita harapkan berdampak pada proses pembimbingan akademik kepada mahasiswa semakin baik. Dosen PA merupakan dosen yang dibutuhkan dalam memberikan bimbingan untuk mengarahkan mahasiswa dalam bidang akademik sehingga dapat memperkecil permasalahan yang dihadapi mahasiswa, khususnya dalam menentukan sikapnya tentang belajar,. Dalam melakukan bimbingan tersebut, faktor keterampilan membimbing sangat menentukan bagi  dosen PA. Sebab proses pembimbingan akademik ini harus berdampak positif dalam mengantarkan kesuksesan mahasiswa selama studi di kampus Unimed. Kita berharap dosen PA dapat membimbing mahasiswa agar menjadi guru yang profesional dan bertanggung jawab, sehingga terwujudnya generasi muda yang berbakat dan lebih kreatif dalam memajukan Indonesia yang berdaya saing. Negeri ini akan maju jika generasi mudanya peduli dan ikut memberikan sumbangsih untuk kemajuan pendidikan. Civitas Unimed harus mampu ikut mewujudkan harapan kita bersama tersebut. (Humas Unimed).