PENGUMUMAN
Semirata

Unimed Pelaksana Semirata BKS PTN Wilayah Barat dan Seminar Internasional

MEDAN - Semirata BKS PTN Wilayah Indonesia Barat merupakan forum tahunan yang secara konsisten dilaksanakan sebagai ajang berbagi atau sharing informasi melalui seminar and annual meeting bidang bahasa, sastra, seni dan budaya. Pimpinan fakultas bidang bahasa, sastra, seni dan budaya bertemu aktif setiap tahunnya dalam Semirata ini sebagai wadah diskusi temuan terbaru bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta kebijakan-kebijakan pemerintah terbaru.

BKS PTN merupakan wadah berkumpulnya para pimpinan fakultas dari berbagai perguruan tinggi negeri wilayah barat bidang ilmu bahasa, sastra, seni dan budaya. Pimpinan Fakultas tersebut adalah Dekan FKIP Unsyiah, Dekan FIB USU, Dekan FBS Unimed, Dekan FBS UNP Padang, Dekan FSRD ISI Padang Panjang, Dekan FSB ISI Padang Panjang, Dekan FIB Universitas Andalas, Dekan FKIP Universitas Riau, Dekan FKIP Universitas Bengkulu, Dekan FKIP Universitas Sriwijaya, Dekan FKIP Universitas Jambi, Dekan FIB Universitas Jambi, Dekan FBS UNJ Jakarta, Dekan FKIP Universitas Tirtayasa, Dekan FKIP Universitas Palangkarya, Dekan FKIP Universitas Pontianak, Dekan FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Dekan FKIP Universitas Lampung, Dekan Fakultas Adab Humaniora dan Ilmu Budaya UIN Ar-Raniry, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska.

Semirata BKS Wilayah Barat tahun 2017 dilaksanakan di Universitas Negeri Medan dan Hotel Emeral Medan pada 12- 14 September 2017. Berbagai rangkaian acara digelar, diantaranya 1. Seminar Internasional dengan tema “Membangun Peradaban Bangsa lewat bahasa, sastra, budaya dan seni”, 2. Rapat tahunan BKS PTN Barat Bidang Ilmu Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3. Pameran Seni Rupa, 4. Workshop tari dan musik yang diikuti oleh tiga perguruan tinggi, yaitu Universitas Negeri Medan, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, dan Universitas Negeri Padang.

Seminar Internasional tersebut menghadirkan narasumber, Prof. Dr. Ramon Santos, Ph.D. (University of Philipines), Prof. Dr. David Reeve (University of New South Wals Australia) dan Dr. Marco Stahlhut (Jerman).

Pembukaan Semirata dan Seminar Internasional dibuka langsung oleh Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd.. Ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan cindera hati kepada narasumber dan sekretaris eksekutif BKS PTN Wil.Barat.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd sangat mengapresiasi Semirata yang dilaksanakan oleh BKS PTN Wilayah Barat bidang bahasa, sastra, seni dan budaya. Beliau mengatakan Sumatera Utara adalah miniatur Indonesia, terdapat banyak suku, budaya, bahasa dan kesenian bersatu padu dalam Sumatera Utara.

Keberagaman yang ada di Sumatera Utara inilah yang menjadi dasar mengapa Sumatera Utara adalah miniaturnya Indonesia. Oleh karena itu, memang sangat pas sekali jika Semirata dilaksanakan di Medan.

Lanjut beliau, pembahasan dan tulisan tentang budaya di Indonesia sendiri juga sangat sulit didapatkan. Budaya hanya disebarkan lewat lisan turun menurun tidak tertuang dalam buku, sangat sedikit sekali penelitian dan literasi yang menjelaskan tentang budaya di Indonesia. Sehingga sangat sulit sekali menggali potensi budaya yang ada di masyarakat. Beliau mencontohkan tentang budaya batak, saat ini banyak  generasi muda bersuku batak yang tidak mengenal budayanya sendiri. Saya berharap akan lahir rekomendasi dan kesepakatan bersama, sehingga akan lahir temuan terbarukan bidang bahasa, sastra, seni dan budaya untuk kita kembangkan dimasing- masing PTN. Selanjutnya bisa kita kembangkan ulang dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di kampus masing-masing.

Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, dalam sambutannya mengatakan selamat datang kepada semua bapak/ibu dekan dari berbagai PTN Wil. Indonesia Barat, dan seluruh undangan yang hadir. Semoga Semirata tahun 2017 ini dapat menghasilkan kesepakatan terbaik untuk pengembangan ilmu pengetahuan bidang bahasa, sastra, seni dan budaya dan dapat berkontribusi untuk membangun peradaban bangsa. Terima kasih atas kehadiran seluruh peserta, semoga selama di Medan bapak/ibu merasa nyaman dan bahagia.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Rektor, Dekan Se-Lingkungan Unimed, Direktur PPs, ketua lembaga di lingkungan Unimed, Ketua BKS Wilayah Barat Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, Sekretaris Ekseskutif BKS Wilayah Barat Entis S Halimi, M.Sc., Seluruh Dekan, Wakil Dekan dan Dosen/peneliti dari seluruh PTN Wilayah Barat Indonesia. (Humas Unimed)