PENGUMUMAN
Pimpinan Unimed

UNIMED Peringkat 21 Nasional Dari 4.244 Perguruan Tinggi

Medan,22/8. Rasa haru di selimuti untaian rasa syukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa bagi seluruh civitas akademika Unimed atas segala prestasi yang telah dicapai oleh Universitas Negeri Medan, karena baru saja didaulat oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia sebagai Perguruan Tinggi Terbaik ke-21 dari 4.244 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di Indonesia. Pengumuman Pemeringkatan Perguruan Tinggi ini langsung disampaikan oleh Menristekdikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D. Ak. Di Puspitek Serpong Tangerang pada Senin, 21 Agustus 2017. Ada 4 kriteria yang menjadi indikator dalam pemeringkatan PT tersebut, diantaranya yakni : a. Kualitas Sumber Daya Manusia, b. Kualitas Kelembagaan, c. Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan, dan d. Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah.

Menristekdikti Mohamad Nasir saat mengumumkan secara resmi peringkat 100 besar Perguruan Tinggi non Politeknik dan 25 besar Perguruan Tinggi Politeknik di Indonesia mengatakan, “Daftar klasterisasi/pemeringkatan perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat, jangan percaya data hoax yang tidak sesuai dengan daftar yang dikeluarkan lembaga tidak resmi lainnya”.

Nasir menambahkan, pemeringkatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan dalam melaksanakan tridharma, termasuk didalamnya kesehatan organisasi. Dengan klasterisasi ini, kami dapat menyusun formula yang tepat dalam melakukan pembinaan perguruan tinggi di Indonesia. Klasterisasi ini juga dapat digunakan setiap perguruan tinggi sebagai refleksi dan motivasi bagi peningkatan kualitas perguruan tingginya, baik dari segi kualitas SDM, kurikulum, manajemen organisasi, riset, publikasi, pengabdian kepada masyarakat dan aspek lainnya.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd di ruang kerjanya, Selasa (22/8), mengatakan, informasi klasifikasi/pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia yang dilakukan oleh Kemenristekdikti RI ini sungguh sangat positif bagi kita civitas Unimed untuk berbuat lebih baik lagi, terutama terhadap 4 indikator yang menjadi acuan tersebut yakni ; SDM, kelembagaan, kegiatan kemahasiswaan dan penelitian serta publikasi ilmiah. Kami civitas Unimed sangat bangga dan bersyukur kepada Allah SWT Tuhan YME atas prestasi ini, karena Unimed berada pada peringkat 21 dari 4.244 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Naik signifikan dari tahun sebelumnya yang berada pada peringkat 29. Hasil pemeringkatan Ini merupakan hasil penilaian objektif yang dikeluarkan oleh pemerintah. Semoga prestasi ini menjadi pendorong dan pengguat komitmen bagi kita pimpinan Unimed dan seluruh civitas Unimed untuk terus melakukan yang terbaik untuk kemajuan dan prestasi Unimed diseluruh bidang. Saat ini kita seluruh civitas Unimed mendo’akan 5 tim PKM Unimed yang sedang berjuang di PIMNAS ke-30 di Makasar. Semoga mereka diberi kemudahan dan kelancaran untuk mempersembahkan medali emas dan masuk 5 besar nasional. Amin.

Lanjut Prof. Syawal, kami pimpinan Unimed akan melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan Unimed menjadi perguruan tinggi terbaik secara nasional dan internasional, serta dapat terus bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Kita akan selalu belajar dari semua pihak, jika ada sesuatu program dan kegiatan yang baik untuk kemajuan Unimed pasti kita dukung. Saya berharap semua civitas Unimed tetap kerja keras, benar dan ikhlas, serta kita bangun kebersamaan dalam mewujudkan mimpi besar kita dalam mewujudkan Unimed menjadi world class university. (Humas Unimed).