PENGUMUMAN
Rumah Tersembunyi Chairil Anwar

UNIMED Press Gelar Bedah Buku Sejarah Penyair Besar Medan

Medan – Ditengah hiruk pikuk aktivitas akademik di kampus, Unimed Press menggelar Seminar dan Peluncuran dan Bedah Buku Karya Damiri Mahmud dengan tema : “Sejarah Penyair Besar Asal Medan, Rumah Tersembunyi Chairul Anwar”. Bedah buku ini dilaksanakan pada Sabtu, 14 November 2015 di Gedung Serbaguna Unimed. Sebagai narasumber yang dihadirkan panitia yakni : Damiri Mahmud, Dr. Mutsyuhito Solin, M.Pd (Dosen FBS Unimed) dan Dr. Shofwan Hadi Umri, M.Hum, (Dosen UMN). Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Kepala Unimed Press Dr. Phil Ichwan Azhari, M.S. dan ratusan mahasiswa sebagai peserta dalam memeriahkan bedah buku dan peluncuran buku tersebut cukup antusias.

Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan seperti ini harus kita galakkan dikampus yang kita banggakan ini, karena bedah buku itu sesungguhnya bentuk cerminan aktivitas akademik yang sangat baik dalam mensukseskan meniti ilmu di kampus. Jika suatu kampus kering dari aktivitas bedah buku-buku terbaru, maka akan kering akal kita untuk dirangsang agar terpacu terus dalam menuntut ilmu. Kegiatan bedah buku dan peluncuran buku ini menjadi tanggungjawab semua civitas Unimed. Saya berkeinginan kegiatan seperti ini harus aktif dilakukan oleh semua prodi, jadi menjadi aktivitas rutin berbasis prodi. Jika ini dilakukan pastinya akan melahirkan para penulis-penulis buku terbaru yakni dosen-dosen Unimed. Sedangkan para mahasiswa mengelaborasi dalam berbagai kegiatan dengan membedah buku karya dosen-dosen kita.

Potensi SDM dosen yang dimiliki Unimed sesungguhnya cukup kafabel dalam melahirkan karya-karya tulis dan hasil penelitian terbaru. Hanya saja kita butuh berbagai aktivitas yang dapat merangsang para dosen untuk menghasilkan karya-karya tersebut. Semoga kegiatan bedah buku dan peluncuran buku yang digagas oleh Unimed Press ini bisa menjadi pendorong semua prodi untuk melakukan hal yang terbaik untuk kemajuan kita bersama. Tidak ada hal yang tidak munkin kita capai, jika ada usaha dan upaya dengan serius dan sungguh-sungguh.

Kepala Unimed Press Dr. Phil Ichwan Azhari, M.S, mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini yakni memperkenalkan kepada publik karya-karya Chairul Anwar yakni puisi-puisi yang fenomenal dan menampilkan sosok kepahlawanan beliau melalui ide-ide puisinya. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi peserta dalam melahirkan ide-ide cemerlang yang akan dikenang sepanjang masa, serta dapat mendorong ilmuwan muda untuk terus berkarya. Saya sedih jika ada generasi muda Indonesia yang tidak peduli dengan sejarah, tidak mampu mengambil nilai-nilai postif dalam sejarah tersebut untuk diimplementasikan dalam kehidupannya. Nilai-nilai positif tersebut seharusnya dapat menjadi pendorong kita untuk lebih berkarya dan berprestasi.

Penulis Buku Rumah Tersembunyi Chairul Anwar Damiri Mahmud mengatakan dalam paparannya bahwa isi dari tulisannya ingin mengungkapkan nilai-nilai positif dalam puisi karya Chairul Anwar yang semakin punah ditinggalkan oleh masyarakat terkhusus generasi muda. Serta ingin mengangkat sejarah beliau yang belum digali oleh para penulis dan penelusur sejarah. Saya berharap tulisan buku ini dapat menginspirasi kita semua untuk terus termotivasi dalam hidup dan melakukan aktivitas terbaik. Selain itu pikiran kita digunakan untuk menghasilkan ide-ide cemerlang yang nilainya akan menjadi pendorong generasi muda menjadi insan cerdas dan berbudi pekerti yang luhur sehingga dapat menjadi contoh dalam kehidupan bermasyarakat. (Humas Unimed).