PENGUMUMAN
IMTGT

Unimed Raih Best Performance Bidang Budaya Pada IMT-GT Thailand

Thailand – Universitas Negeri Medan meraih predikat best performance bidang cultural activity pada IMT-GT Varsity Carnival ke-18 yang berlangsung di Rajamangala University of Technology Srivijaya, Thailand sejak 25-31 Juli 2016. Hasil ini diraih karena tarian budaya yang dibawakan mahasiswa Pendidikan Seni FBS Unimed  ini dinilai paling kreatif dan mampu membangkitkan semangat penonton. Pada event ini Unimed menampilkan beberapa tarian daerah Indonesia.

Dosen Seni Tari Unimed, Martozet, M.A., yang menjadi koreografer tari Unimed untuk acara ini mengatakan, dari segi penampilan Unimed dinilai paling kreatif dari peserta yang lain. “Penilaiannya dilihat dari pertujukan secara keseluruhan dari hari pertama, kedua dan ketiga. Sebenarnya bukan hanya saat pertunjukan, tapi saat kita persiapanan mereka sudah menilai. Saya sendiri melihat, kita mendapat polling tertinggi. Itukan pendapat yang jujur dari audien dan juri”, katanya.

Martozet menyampaikan, pada pagelaran IMT-GT Varsity Carnival ke-18 ini, Unimed menampilkan tiga tarian yakni Tari Geol Jebrak, Tari Guel dari Aceh, Tari Pesta Panen Kopi dari Dairi. Sedangkan pada penutupan, mahasiswa seni Tari Unimed berkolaborasi dengan universitas lain untuk menampilkan tarian dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

“Kita berharap kedepan kita semakin kreatif dan Agustus nanti kita akan ke Hongaria. Isyaallah tahun depan kami akan ke Uzbekistan”, ungkapnya.

IMT-GT-2016

Salah seorang penari, Ismail mengatakan sebelum berangkat mereka telah mempersiapkan secara matang. “Kami persiapannya betul-betul matang. Kami dari Medan sudah betul-betul ingin membawa nama baik Indonesia dan Unimed”, katanya.

Persaingan pada IMT-GT khususnya bidang seni tari sangat ketat. “penampilan dari masing-masing delegasi Malaysia dan Thailand cukup bagus. Semua bagus-bagus”, kata Ismail.

Bidang cultural activity pada IMT-GT Varsity Carnival merupakan perlombaan pertunjukan tarian budaya dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand yang menjadi peserta IMT-GT. Selain bidang seni, karnival tahunan ini juga memperlombakan bidang olahraga dan seminar ilmiah.

Di tempat terpisah, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd menyambut baik prestasi yang ditorehkan mahasiswa Unimed ini. “Kita sangat bangga mahasiswa Seni Tari Unimed mampu membawa nama baik Unimed dikancah internasional. Kita berharap prestasi ini dapat mendorong mahasiswa Unimed lain untuk terus berusaha mengejar prestasi dalam bidang lain, karena dengan banyaknya prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa di beberapa ajang, tentunya akan membawa semangat baru bagi Unimed untuk lebih maju”.

Lanjut Prof. Syawal, karena even ini dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di tiga negara, dirinya berharap mahasiswa dan UKM dapat terus mengasah kemampuan dan skill. Sehingga tahun depan mampu meraih prestasi. (Humas Unimed).