PENGUMUMAN
Kampus Hijau(1)

UNIMED Raih Peringkat 20 Kampus Hijau

Medan – Universitas Indonesia (UI) baru saja mengumumkan peringkat terbaru kampus terhijau versi UI GreenMetric, pada 29 Desember 2016 di Kampus UI Depok. UI GreenMetric merupakan pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup. Kampus bertari, hijau berseri dan mendukung terciptanya hidup sehat bagi masyarakat sekitar.

Panitia UI GreenMetric yang dilaksanakan oleh UI di ikuti oleh kampus-kampus terbaik dunia dan kampus yang ada di Indonesia. Penilaian ini di arahkan agar ada gerakan yang masif dilakukan oleh kampus-kampus di dunia dan Indonesia dalam menciptakan kampus sehat, karena terciptanya lingkungan hidup yang mendukung hal tersebut.

Dalam penilaian UI GreenMetric 2016 ini,Tuan Rumah Universitas Indonesia berhasil menempati posisi teratas dengan skor 6571,73. Kemudian diikuti Institut Teknologi Sepuluh Nopember  dengan total skor 7,156.00 di peringkat kedua, dan pada peringkat ketiga diraih oleh Universitas Diponegoro dengan skor 5995,33.

Sementara itu, Unimed berada pada peringkat 20 dengan skor 3774,96dari peringkat 25 besar; dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera Utarayang masuk dalam UI GreenMetric.

Pemeringkatan UI GreenMetric dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es) yang terdiri dari bobot indikator Statistik Kehijauan Kampus (15%), Pengelolaan Sampah (18%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), dan Pendidikan (18%).

Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan, rasa bangga dan terima kasih atas prestasi dan kerja keras tim dalam meraih prestasi kampus hijau ini. Kami pimpinan sangat komitmen agar kampus kebanggaan kita Unimed terus mampu menyumbang tersesebarnya banyak oksigen dari banyaknya tumbuhan hijau di kampus Unimed. Kita akan terus pertahankan dan kembangkan agar kampus Unimed tetap hijau dan berseri.

“Prestasi kampus hijau dari tim UI ini menjadi pendorong semangat baru bagi kita agar kedepan Unimed terus mendorong warga civitas dapat melakukan berbagai kegiatan yang mendukung terpeliharanya kampus hijau Unimed. Mari kita dorong mahasiswa agar melakukan berbagai kegiatan inovasi yang mendukung ini.

Syarifuddin, M.Sc. Ph.D, ketua pusat PUSDIBANG-KLH Unimed selaku ketua tim Unimed untuk mengikuti Peringkatan UI GreenMetric mengatakan, rasa bersyukur atas prestasi yang membanggakan bagi civitas Unimed. Terima kasih kami ucapkan kepada pak Rektor Prof. Syawal Gultom dan bapak Wakil Rektor yang mendukung penuh kami untuk mengikuti kegiatan pemeringkatan UI GreenMaetic ini. Semoga tahun depan kita dapat mempersiapkan lebih baik lagi, sehingga peringkat Unimed bisa naik ke 5 besar. (Humas Unimed).