PENGUMUMAN
seminar1

Unimed Rangkul Alumni untuk Perkuat Mutu Pendidikan

Padang Sidimpuan – Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Unimed cabang Padang Sidimpuan, Tapanuli Selatan dan Mandailingnatal (PATAMA) periode 2017-2021 dilaksanakan di Gedung H. Adam Malik (Eks. Gedung Nasional) Kota Padangsidempuan (23/10).

lantik

Pelantikan pengurus IKA Unimed cabang PATAMA dilantik langsung oleh pengurus Ikatan Alumni Unimed Pusat Drs. Alfian Hutahuruk, M. Pd. disaksikan oleh Walikota Padang Sidimpuan diwakili oleh Assiten II, Bupati Tapanuli Selatan diwakili oleh Sekda, Bupati Mandailing Natal diwakili Koordinator Kepala Sekolah, Rektor Unimed, Wakil Rektor I, Wakil Rektor IV beserta rombongan, Kadis Pendidikan Padang Sidimpuan, TNI, POLRI, Kepala sekolah dan ratusan guru yang kesemuanya adalah alumni Unimed.

teken

Pelantikan tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Unimed dengan Pemko Padang Sidimpuan. Kerjasama tersebut meliputi kerjasama dalam peningkatan kualitas guru-guru dan peningkatan mutu pendidikan sekolah di Padang Sidimpuan.

Dra. Nursawiah Hutahuruk, M. Pd yang dinobatkan sebagai ketua IKA Unimed Cabang PATAMA mengatakan sangat bersyukur diamanahkan menjadi ketua cabang PATAMA (Padang Sidimpuan,Tapanuli Selatan dan Mandailingnatal). IKA Unimed cabang PATAMA  perlu dibentuk untuk meningkatkan silaturahmi, peningkatan mutu pendidikan dan menjadi wadah bagi alumni untuk berkontribusi dalam membangun negeri. Pada kesempatan ini, kami sampaikan agar bapak rektor memberikan pencerahan kepada guru-guru khususnya alumni unimed.”Saya ucapkan terimakasih dukungan berupa materi, dukungan dan bimbingan dari semua pihak. Sehingga IKA Unimed PATAMA semakin maju dan berkualitas,” ucapnya.

bersama

Sementara Ketua IKA Unimed Pusat Drs. Alfian Hutahuruk, M.Pd, mengatakan setelah pembentukan IKA Unimed Cabang Sibolga pada September 2017, Guru-guru di Sibolga semakin bergairah dan semakin bersemangat dalam meningkatkan mutu pendidikan. Begitu juga saya harapkan di PATAMA ini. Bukan maksud mengkotak-kotakkan tapi marilah kita bersama-sama berkontribusi dalam meningkatkan pembangunan dunia pendidikan di daerah masing-masing. Dengan adanya IKA Unimed di daerah kita ini akan meningkatkan kontribusi pembangunan pendidikan di daerah masing-masing. Kita ketahui peran pendidikan saat ini masih belum dirasakan dengan baik, marilah kita sebagai alumni bergerak untuk membangun pendidikan. Unimed sebagai satu satunya universitas akreditasi A di sumut, kita berbangga hati karena majunya unimed yang dipimpin oleh alumni IKIP Medan, Bapak Prof. Syawal Gultom. Saya berharap kita tidak berhenti diseminar dan pelantikan ini, jadikan IKA Unimed ini menjadi lembaga pemikir dan pemberi ide dalam memberikan masukan kepada kepala daerah dalam membangun pendidikan.

Rektor Unimed juga mengisi seminar pendidikan kepada ratusan guru, kepala sekolah dan pengawas dari perwakilan tiga daerah, yaitu Padang Sidimpuan, Tapsel dan Madina. Seminar tersebut mengangkat tema “Mewujudkan Tenaga Pendidik yang Kompeten dan Berintegrasi”.

Dalam paparannya, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan untuk mewujudkan guru yang kompeten dan berintegritas yang pertama harus dilakukan adalah mengevaluasi kembali bakat, minat dan panggilan jiwa guru karena menjadi guru harus berbakat dan memang panggilan jiwa dirinya untuk mendidik dan menciptakan pembelajar yang sukses, mencetak orang yang percaya diri serta bertanggung jawab yang nantinya akan memajukan bangsa dan negara. “Guru juga harus berkomitmen untuk memajukan bangsa, berkompeten, dan harus memiliki pendidikan” ujar Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd

Lanjutnya, guru juga harus memperhatikan potensi yang ada pada anak didik dengan cara merubah pola pikir anak didik, merubah cara penilaian terhadap anak didik, memberikan materi yang tepat dan sesuai kepada anak didik, memperhatikan proses belajar mengajar di sekolah. (Humas Unimed)