PENGUMUMAN
oRMAWA

UNIMED Satukan Jiwa ORMAWA Dalam Karakter yang Unggul

Berastagi – Unimed menggelar kegiatan pengembangan pendidikan karakter bagi mahasiswa pengurus organisasi kemahasiswaan (ORMAWA) atau unit kegiatan mahasiswa (UKM) dilingkungan Unimed. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Sinabung Hill Berastagi pada 29-30 Agustus 2017. Peserta yang hadir 41 orang pengurus senat mahasiswa (SEMA) Unimed dan 13 orang ketua UKM dilingkungan Unimed.

Pemateri ini adalah Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, yang menyampaikan materi “Pengenalan dan Penerapan Nilai-nilai Karakter dari 6 Pilar Pengeyelenggaraan Kegiatan Akademik di Unimed”. Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. “pengembangan karakter penyelenggaraan dalam bidang akademik”, Wakil Rektor II Dr. Restu, MS, “pengembangan karakter dalam penyelenggaraan bidang umum dan keuangan” Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, “pembentukan karakter dalam kegiatan mekahasiswaan” dan Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, “pengembangan karakter dalam bidang pengembangan dan kerjasama.

Sebanyak 13 Organisasi Mahasiswa yang mengikuti kegiatan itu yakni UKM Pers Mahasiswa Kreatif, UKM Menwa, UKM Pramuka, UKM KSR-PMI, UKM MAPALA, UKM Teater LKK, UKM Olahraga, UKM Tarung Derajat, UKM Marching Band, UKM Islam Ar-rahman, UKM Kristen Katolik, UKM Kristen Protestan, dan Senat Mahasiswa Universitas.

Kegiatan yang memiliki tujuan untuk membentuk dan mengembangkan karakter mahasiswa pengurus ORMAWA/UKM ini dilaksanakan dalam bentuk workshop, dilanjutkan acara malam kersamaan dan outbound bersama. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan terbangunnya kasatuan persepsi antara pimpinan Unimed, pengurus Senat Mahasiswa Unimed dan pengurus unit kegiatan kemahasiswaan dilingkungan Unimed untuk bersama-sama mewujudkan Unimed menjadi kampus yang berhasil melahirkan ilmuwan yang cerdas dan berkarakter mulia, karena Unimed telah mencanangkan The Character Building University.

Dalam laporannya, Dr. Wasaratodo Wau, M.Pd, selaku ketua pelaksana menyampaikan, “tujuan kegiatan ini “untuk menanamkan dan mengembangkan serta mengaplikasikan dalam kegiatan akademik dan non akademik di kampus 6 Pilar Karakter Unimed ;  kewarganegaraan (Citizenship), keadilan (fairness), kehormatan (respectful),tanggungjawab (responsible),kepedulian (caring) dan dapat dipercaya  (trustworthy)”. Hendaknya Ormawa ini dapat menjadi teladan terdepan bagi seluruh mahasiswa di kampus maupun di masyarakat kelak, tambahnya.

Wakil Rektor III, Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. dalam arahannya mengajak Ormawa, “untuk  terus berupaya membentuk dan menerapkan 6 pilar karakter dalam diri, kegiatan akademik dikampus, karena sebagai tokoh mahasiswa harus menjadi tauladan bagi mahasiswa dikampus. Selama dua hari, saudara tidak hanya dibekali dengan materi pendidikan karakter tetapi juga dibekali dengan materi manajemen strategi, cara memanajemen organisasi mahasiswa yang baik serta oubound untuk merefreshkan pikiran Ormawa setelah pelatihan. Diharapkan kegiatan ini dapat membawa pengaruh dan perubahan positif dalam membangun karakter pengurus Ormawa dalam menciptakan mahasiswa Unimed yang cerdas dan berkarakter. Serta mengharumkan nama almamater dalam pembinaan kemahasiswaan yang beroorientasi pada peningkatan citra, reputasi dan daya saing lulusan Unimed.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam arahannya mengungkapkan bahwa seluruh pengurus senat mahasiswa dan unit kegiatan mahasiswa dilingkungan Unimed sesungguhnya sudah memiliki karakter yang unggul dan cerdas, karena mereka ini adalah orang-orang pilihan dari ± 24.000 mahasiswa Unimed. Mereka merupakan pilihan seluruh mahasiswa Unimed untuk menduduki sebagai pengurus senat mahasiswa dan pengurus UKM dilingkungan Unimed. Sudah selayaknyalah mereka harus menjadi contoh dalam sikap, perbuatan dan semangat belajar. Atas dasar itu kegiatan ini kita laksanakan sebagai upaya pembentukan dan pengembangan karakter mahasiswa pengurus ORMAWA/UKM di Unimed. Semoga kegiatan ini akan berhasil melahirkan saudara menjadi mahasiswa pilihan yang akan menjadi contoh bagi seluruh mahasiswa Unimed dalam hal karakter diri dan kegigihan dalam belajar. Saya juga berharap agar melalui kegiatan ini dapat akan terlahirkan kerbagai kegiatan positif mahasiswa yang lebih kreatif dan inovatif. ORMAWA/UKM Unimed harus jadi garda terdepan untuk aktif melakukan berbagai kegiatan kemahasiswaan, aktif ikut serta dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan ditingkat nasional dan internasional. Kita pimpinan Unimed siap mendukung dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan.

“Mahasiswa harus jadi garda terdepan dalam melatih dan membantu terbentuknya karakter mahasiswa Unimed yang mencerminkan kampus terakreditasi A. Seminimalnya terbentuknya sikap tertib lalulintas di sekitaran wilayah kampus. mahasiswa Unimed seharusnya jika berjalan kaki ya ditrotoar yang telah bagus kita siapkan, naik dan turun angkot ditempat yang sesuai, dan tidak membeli alat tulis dan jajanan di penjual yang mengganggu keindahan kampus, imbuhnya. (Humas Unimed).