PENGUMUMAN
Unimed BLU

UNIMED Siap Jadi PTN BLU

Medan (Unimed) – Unimed melaksanakan kegiatan focus group discussin (FGD) dalam rangka mempersiapkan menjadi PTN Badan Layanan Umum (BLU). Kegiatan yang digelar di Ruang Sidang A Biro Rektor Unimed pada jumat, 16/9/2016 ini menghadirkan narasumber Wakil Rektor II UNESA Drs. Tri Wrahatnolo, M.Pd., M.T para dekan, wakil dekan, kepala biro dan staf ahli wakil rektor.

Jumlah PTN di Indonesia ada 121 dan terbagi kedalam tiga bentuk yakni PTN BH, PTN BLU, dan PTN Satker. Untuk PTN-BH ada 11, PTN-BLU ada 24 dan PTN Satker ada 86. Unimed sekarang masih menjadi PTN Satker.

Drs. Tri Wrahatnolo, M.Pd., M.T. menjelaskan bagaimana BLU diterapkan di Unesa. Kelebihan BLU adalah adanya kemudahan di dalam  pengelolaan keuangan. Melalui system out-in, maka akan terdapat fleksibilitas di dalam mengatur mekanisme penggunaan uang. Melalui sistem ini, maka PTN akan dapat mengelola uang sebagaimana keinginannya. Tidak lagi sangat tergantung kepada kas negara di dalam penggunaannya.

FGD

Selain itu tentu juga akan meningkatkan kinerja PTN. Melalui kemudahan di dalam pencairan keuangan, maka individu di dalam PTN akan dapat secara leluasa mencari dana dari berbagai funding dan kemudian menggunakannya sesuai dengan kepentingannya. Dana yang didapat bisa disetor ke bendahara penerimaan dan kemudian didayagunakan atau dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan yang memperoleh anggaran. Uang hibah atau dana kompetisi tidak harus disetor ke kas negara dahulu, akan tetapi dapat digunakan secara langsung melalui mekanisme penarikan dan penggunaan keuangan. Dengan kemudahan ini, maka individu di dalam satker akan bisa berlomba-lomba di dalam mangakses dana dari luar institusi, sehingga akan memperbesar anggaran institusi pemerintah melalui PNBP, lanjutnya.

Dewasa ini, semakin banyak perguruan tinggi negeri (PTN) yang berupaya menjadi satuan kerja Badan Layanan Umum (BLU) atau PTN BLU. Keinginan untuk mengembangkan instansi dari Satker menjadi BLU bahkan BH tentu didasari oleh kenyataan betapa kurang fleksibelnya dalam mengembangkan institusi pendidikan melalui mekanisme Satker Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang menggunakan sistem bahwa semua pendapatan satker harus melalui kas negara dan kemudian dapat diambil sesuai dengan kepentingan.

Jika melalui BLU,  maka ada tawaran menarik yaitu pendapatan BLU tidak harus masuk ke kas negara terlebih dahulu, dan baru kemudian dikeluarkan. Akan tetapi dengan BLU maka pendapatan PTN dapat digunakan terlebih dahulu dan baru kemudian dilaporkan sesuai mekanisme laporan keuangan yang akuntabel dan transparan. Akan tetapi PTN BLU harus berupaya mandiri mencari income generate melalui potensi internal yang ada, lanjutnya.

Dr. Restu, MS, selaku Wakil Rektor II Unimed dalam sambutannya mengatakan, kita Unimed telah menyusun konsep dan membentuk tim yang telah bekerja sedemikian rupa, serta sudah beberapa kali mempersentasikan proposal BLU ke pusat di Kemenristekdikti dan Kemenkeu. Semoga kerja keras didorong oleh niatan pimpinan dan civitas Unimed menuju PTN BLU dapat terwujud ditahun 2016 ini. (Humas Unimed).