PENGUMUMAN
Hipmi PT

Unimed Sukses Menjadi Tuan Rumah Rakernas HIPMI PT Se-Indonesia

MEDAN (Unimed) – HIPMI PT UNIMED (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Negeri Medan) sukses menjadi tuan rumah penyelenggara Rakernas HIPMI PT dan Sosialisasi  4 Pilar MPR RI  dan Seminar Kewirausahaan Nasional tahun 2017.

Rakernas tersebut diadakan di Ruang Audio Visual Lt.4 Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan, Sabtu (22/7)  dan dihadiri oleh Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, M.A (Wakil Ketua MPR RI),  Ir. H. Tifatul Sembiring (Anggota DPR RI), Ir. Tengku Erry Nuradi, M.Si (Gubernur Sumatera Utara), Said Aldi Al Idrus (Rektor HIPMI PT), Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd (Wakil Rektor 1 Unimed), H. Akbar Himawan Buchari, SH. (Ketua Umum BPD HIPMI Sumut), Muhammad Zaid Fahri (Ketua HIPMI PT Sumut), Juan Utama Batubara (Presiden Mahasiswa Unimed), puluhan delegasi pengusaha muda se-Indonesia dan ratusan mahasiswa  se-Sumatera Utara.

“Rakernas ini dilaksanakan untuk memunculkan gagasan-gagasan aplikatif yang dapat memajukan wirausaha pemula. Setelah Rakernas, kami laksanakan Sosialiasi 4 Pilar MPR RI dan Seminar Kewirausahaan Nasional, Rencananya peserta akan ada kunjungan wisata ke Danau Toba dan Brastagi, serta akan dilanjutkan dengan forum bisnis ke Malaysia dan Singapura pada tanggal 24-25 Juli 2017,” kata Juan yang menjabat sebagai Presiden Mahasiswa Unimed  yang juga selaku  Ketua Umum HIPMI PT UNIMED tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Medan Prof  Dr. Abdul Hamid K, M.Pd dalam sambutannya mengaku bangga Unimed ditunjuk sebagai tuan rumah Rakernas HIPMI PT 2017. Senada dengan program “HIPMI GOES TO CAMPUS” ia juga menegaskan bahwa Unimed sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang terkareditasi A di Sumatera Utara mendukung terwujudnya wirausahawan pemula yang di bentuk sejak dunia kampus. Hal itu terbukti dari implementasi pendidikan kewirausahaan yang diajarkan di kampus.

Prof Hamid juga mengatakan program pendidikan kewirausahaan penting terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kewirausahaan menjadi isu penting dan strategis ditengah meningkatnya persaingan global yang memberikan tantangan berat kepada seluruh pelaku usaha di Indonesia, termasuk alumni Unimed  sebagai calon-calon wirausahawan baru.

Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, M.A berharap generasi muda yang terhimpun dalam HIPMI Perguruan Tinggi bergerak sesuai bidang yang ditekuninya dengan menekankan pada jiwa kewirausahaan yang berorientasi menciptakan lapangan kerja. “Karena sangat penting HIPMI Perguruan Tinggi merealisasikan ideologi Pancasila dan nilai-nilai kebangsaan lainnya,” kata Hidayat.

“Kita berharap dengan cara menanamkan semangat pilar kebangsaan yang telah dirumuskan pada pendiri bangsa, maka Indonesia bisa semakin kuat,” tambahnya.

Hidayat menambahkan bahwa baik itu pengusaha maupun pemimpin (entrepreneur)  juga mendapat dukungan dari lembaga DPR,  karena mampu menjadi atau mewujudkan ekonomi Indonesia lebih baik tidak tergantung dengan negara lain.

Selain itu para entrepreneur kata Hidayat harus dilengkapi dengan 4 pilar negara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. “Alasannya saat ini banyak dari entrepreneur yang sudah melupakan 4 pilar kebangsaan,” demikian Hidayat Nur Wahid

Ir. Tengku Erry Nuradi, M.Si dalam sambutannya  menegaskan bahwa Perguruan tinggi memiliki peran untuk melatih dan memotivasi generasi muda agar menjadi generasi muda yang memiliki semangat serta daya juang tinggi, cerdas, kreatif, inovatif, dan berkepribadian tinggi.

Oleh karena itu Gubsu Erry menyambut baik Rakernas yang dirangkai dengan pelatihan kewirausahaan pemuda ini. Ini sangat baik sebagai sarana untuk menciptakan pengusaha dan pemimpin muda yang tangguh dengan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda dan mahasiswa guna meningkatkan perekonomian daerah (Humas Unimed).