PENGUMUMAN
Forum Rektor 2

UNIMED Sukseskan Pertemuan Rektor Dan WR LPTK Negeri Se-Indonesia

MEDAN – Untuk yang kedua kalinya Universitas Negeri Medan sukses menjadi tuan rumah Pertemuan Asosiasi Rektor dan Wakil Rektor LPTK (Lembaga Pendidikan Ketaga Kependidikan) Negeri Se-Indonesia yang digelar di Hotel JW Marriot Medan 20-21 Mei 2017. Pertemuan ini dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor LPTK Negeri, diantaranya dari UNIMED sebagai Tuan Rumah, UNP, UNJ, UPI, UNY, UNNES, UNESA, UNDIKSA, UNM, UNIMA, UNG dan UM. Acara dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak.

Pertemuan Asosiasi Rektor dan Wakil Rektor LPTK Negeri Se-Indonesia yang digelar di Medan ini memiliki agenda laporan pengurus Asosiasi, pemilihan pengurus yang baru dan mendiskusikan agenda pendidikan secara nasional agar PLTK terus ambil peran memberikan masukan dan kritikan pada pemerintah.

Pertemuan Asosiasi Rektor dan Wakil Rektor LPTK Negeri Se-Indonesia di Medan ini menyepakati bersama dan mengangkat Ketua Asosiasi Rektor LPTK Negeri yang baru yakni Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, (Rektor Unimed), menggantikan Ketua Asosiasi Rektor LPTK Negeri sebelumnya yakni Prof. Dr. Djaali, M.Pd, (Rektor UNJ). Prof. Syawal Gultom, akan memimpin asosiasi ini selama 2 Tahun yakni 2017-2019.

Menristekdikti RI Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak, dalam membuka kegiatan Pertemuan Asosiasi Rektor dan Wakil Rektor LPTK Negeri Se-Indonesia mengatakan, agar LPTK Negeri terus memberikan masukan dan kritikan kepada pemerintah untuk pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan di negeri ini. Ada beberapa agenda nasional yang harus di persiapkan bagi LPTK Negeri yakni dapat menjawab kebutuhan guru di Indonesia yang masih kurang. LPTK Negeri harus mampu menjawab dan mempersiapkan lulusan yang bermutu, karena jika lulusan LPTK mutunya masih dimeragukan, maka kemajuan pendidikan di Indonesia akan sulit maju untuk mengimbangi negara-negara tetangga yang terus maju dan berinovasi.

Selaku Menristekdikti saya menyampaikan 4 hal untuk LPTK Negeri yang hadir pada pertemuan ini yakni : 1) Program Revitalisasi LPTK harus mampu menunjukkan peningkatan kualitas input, proses serta output dan outcomes yang terukur, 2) Pelaksanaan PPG SMK Produktif diperioritaskan (sesuai dengan Inpres 9 Tahun 2016), 3) Semua LPTK yang direvitalisasi harus menerapkan SN Dikti 44 Tahun 2015, dan 4) Sinergi antara Kemristekdikti dengan Kemdikbud terus ditingkatkan. Saya berharap LPTK Negeri terus ambil bagian dan berperan aktif dalam peningkatan kualitas mutu guru di Indonesia. Dalam menyahuti dan mempersiapkan hal itu, perlu terus meningkatkan kualitas mutu lulusan, demikian ujar Mohamad Nasir di Medan.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, selaku tuan rumah, Rektor Unimed dan Ketua Asosiasi Rektor LPTK Negeri yang baru dalam salam pembuka acara mengucapkan selamat datang Bapak Menristekdikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak, diacara Pertemuan Asosiasi Rektor dan Wakil Rektor LPTK Negeri Se-Indonesia yang digelar di Hotel JW Marriot Medan ini. Semoga kehadiran pak menteri dapat mendorong semangat dan menginspirasi kami untuk terus berkontibusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yang kita banggakan ini. Kami pimpinan LPTK Negeri Se-Indonesia siap terus bergandengan tangan dengan pemerintah dalam memajukan mutu guru dan pendidikan menuju kemajuan mengimbangi negara maju lainnya. (Humas Unimed).