PENGUMUMAN
Hari Lahir Pancasila

UNIMED Terus Integrasikan Nilai Pancasila Dalam Akademik

MEDAN (Unimed) – Dalam suasana libur 1 juni 2017, pimpinan dan seluruh civitas Universitas Negeri Medan ramai menghadiri upacara bendera Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan kamis, 1 juni 2017 di lapangan Serbaguna Unimed. Tema upacara kali ini yakni “Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Upacara dipimpin oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, turut hadir para Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Guru Besar, seluruh fungsionaris dan mahasiswa di lingkungan Unimed.

Perancang dan pelaksana Upacara Bendera Hari Lahir Pancasila 1 Juni kali ini adalah civitas Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed. Terlihat satu hari sebelum upacara pada rabu sore 31 mei 2017, pelaksana upacara telah melaksanakan gladi sebagai pematangan petugas sebelum menjalankan tugas.

Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, selaku pimpinan upacara yang membacakan teks sambutan Presiden RI Bapak Joko Widodo, “komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus kita lakukan. Telah diundangkan Perpres Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Idiologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengalaman Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan. Tidak ada kata lain kecuali kita harus membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran. Kita harus jadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat di mata Internasional. Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Sambutan di tutup dengan ucapan “selamat hari lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua anda Indonesia, semua anda Pancasila, Saya Indonesia, saya Pancasila.

Dalam momentum Hari Lahir Pancasila ini Prof. Hamid, mengajak seluruh civitas akademika Unimed utamanya bagi pimpinan, fungsionaris dan dosen agar kita bersama terus dapat mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam semua kegiatan akademik dan non akademik di kampus hijau yang kita banggakan. Karena sungguh nilai-nilai yang ada pada Pancasila sesuai dengan semua ajaran agama yang diyakini oleh masyarakat Indonesia. Mari kita sambut baik isi amanat presiden RI yang saya bacakan tadi yakni “saya ajak seluruh civitas Unimed untuk terus bergandengan tangan, menyatukan hati, pikiran, tenaga untuk persatuan dan kemajuan Unimed menjadi kampus terbaik di persada bumi pertiwi Indonesia yang kita banggakan. Semoga harapan dan cita-cita kita bersama dalam memajukan Unimed akan mudah kita capai. (Humas Unimed)