PENGUMUMAN
Forum Wakil Rektor

UNIMED Tuan Rumah RAKERNAS Forum Wakil Rektor II PTN Se-Indonesia

Medan (Unimed)  – Forum Wakil/Pembantu Rektor II Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Kali ini, Universitas Negeri Medan (Unimed) diberikan amanah untuk menggelar gawean nasional penting ini. Acara di gelar di Digital Library Kampus Unimed dan Danau Toba, Parapat, 16 – 18 September 2016. Acara ini juga mengundang Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Keuangan, Purwanto, untuk mendiskusikan masalah anggaran perguruan tinggi negeri.

Purwanto menyampaikan, Rakernas ini harus dijadikan ruang sharing antara para wakil/pembantu rektor II PTN se-Indonesia. Ini harus dilakukan agar para pejabat yang bersentuhan langsung dengan manajemen administrasi dan keuangan ini dapat berbagi informasi untuk pengembangan pengelolaan PTN di Indonesia.

Forum Wakil Rektor 2 _ 2

“Rakernas ini harus menghasilkan formula untuk penguatan peran para wakil/pembantu rektor II. Selaku Dirjen Direktur Anggaran yang bertugas mengawasi dan memeriksa seluruh instansi atau satuan kerja dibawah Kemenristekdikti, saya terbuka menerima masukan. Permasalahan anggaran diselesaikan dengan cara para PTN menyampaikan solusi kepada kita. Kemdian kita tindak lanjuti. Karena sebenarnya yang mengatahui permasalahan itu adalah PTN itu sendiri” jelas Purwanto.

Sementara itu, Ketua Forum Wakil Rektor II, Eduart Wolok ST. MT menyampaikan, pertemuan Rakernas ini rutin dilakukan dalam wadah Forum Wakil/Pembantu Rektor II PTN se-Indonesia. Dalam setahun, ujar Eduart Wolok, Rakernas dilaksanakan tiga kali. Pelaksanaan Rakernas yang rutin ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait pengelolaan institusi, terutama di bidang keuangan.

“Melalui forum ini, kami terus berdiskusi untuk penguatan peran kami sebagai wakil rektor II yang bersentuhan dengan administrasi, sarpras dan keuangan. Dalam implementasi, kami harus mengelola tiga bidang ini, terutama keuangan dengan benar dan tepat, dan sesuai dengan regulasi yang ada” ujar Eduart Wolok.

“WR II mengelola tentang keuangan dan administrasi tentang organisasi. Jadi kita membahas tentang regulasi terkini. Dari kementerian terkait, baik Kemristekdikti maupun Kementerian Keuangan, nah disesuaikan dengan implementasi yang kita lakukan di PTN, kira-kira apa yang menjadi hambatan dan kendala, kemudian itu kita rumuskan bersama solusinya seperti apa”, tambahnya.

Forum Wakil Rektor 2

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, pimpinan Unimed mengucapkan terima kasih dan bersyukur karena telah diberi amanah untuk menjadi tuan rumah pertemuan Forum Wakil/Pembantu Rektor II PTN Se-Indonesia. “Selamat datang di kampus hijau Unimed dan Kota Medan, semoga bapak/ibu merasa nyaman dan bahagia selama di Medan. Pertemuan yang penting bagi PTN ini kita berharap akan menghasilkan rekomendasi dan pola tata kelola baru dalam pengelolaan administrasi, sarpras dan keuangan. Ketiga ini merupakan wujud penting dalam kemajuan PTN menjadi perguruan tinggi yang berdaya saing dan berprestasi. Jika ketiga hal tersebut bermasalah, maka suatu perguruan tinggi sulit maju”, katanya.

Selain Rektor Unimed, acara tersebut juga dihadiri wakil rektor dan dekan dilingkungann Unimed. Peserta ialah seluruh wakil/pembantu rektor II PTN se-Indonesia. (Humas Unimed).