PENGUMUMAN
Sosialisasi Akademik

BAK Bekali Mahasiswa Baru Sistem Akademik di Unimed

MEDAN (Unimed) – Untuk kelancaran perkuliahan, Universitas Negeri Medan (Unimed) mewajibkan mahasiswa  baru mengikuti sosialisasi peraturan akademik pada 18 sampai 19 Agustus 2017 di Gedung Auditorium Unimed. Jadwal sosialisasi ini berbeda tiap fakultas dan mahasiswa dihimbau untuk datang tepat waktu.

Jadwal lengkap sosialisasi akademik pada 18 agustus yakni; FIP pukul 09.30 – 10.30 WIB, FBS pukul 10.00 – 11.00 WIB, FIS pukul 14.00 – 15.00 WIB. Sedangkan untuk 19 agustus yakni; FMIPA pukul 08.00 – 09.00 WIB, FT pukul 09.30 – 10.30 WIB, FIK puku 11.00 – 12.00 WIB, dan FE pukul 14.00 – 15.00 WIB.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Unimed, Irwan Effendy, S.Pd menghimbau mahasiswa baru untuk serius mengikuti kegiatan tersebut karena akan disampaikan berbagai hak dan kewajiban yang harus diikuti oleh mahasiswa selama perkuliahan.

“Pada acara ini kita sampaikan tata cara dan peraturan akademik seperti misalnya seputar sistem akademik kita yang di http://akad.unimed.ac.id dan syarat mengikuti perkuliahan. Kita juga membagikan buku pedoman akademik. Makanya seluruh mahasiswa baru wajib mengikuti acara ini”, ujar Irwan di Gedung Auditorium Unimed, Jumat (18/8/2017).

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd mengatakan mahasiswa wajib mengikuti peraturan akademik dan selama perkuliahan akan diberikan berbagai macam tugas untuk pengembangan diri mahasiswa. Tugas-tugas tersebut yakni, Tugas Rutin (TR), Critical Journal Review (CJR), Critical Book Report (CBR), Rekayasa Ide (RI), Mini Riset (MR), dan Tugas Proyek (TR).

“Untuk mendukung tugas-tugas tersebut, Unimed sudah menyediakan berbagai fasilitas seperti perpustakaan kita, Digital Library, dan akses internet gratis di seluruh area kampus”, ujar Prof Hamid.

Di tempat terpisah, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengatakan, Unimed sebagai universitas dengan motto the character building university memiliki capaian pembelajaran dan desain kurikulum yang tidak semata-mata mengejar kompetensi keilmuan, akan tetapi juga berorientasi pada pencapaian sikap karakter yang utuh. Lulusan perguruan tinggi yang hanya cenderung mempersiapkan lulusan yang unggul dalam pengetahuan, tanpa diimbangi kepemilikan sikap yang utuh, pastinya akan sulit bersaing di dunia kerja. Dengan diberlakukannya kurikulum berbasis KKNI, Unimed sungguh ingin melahirkan lulusan yang unggul dalam penguasaan kompetensi materi, skill yang sempurna dan karakter yang terlatih. Sehingga dengan mudah bersaing di dunia kerja setelah mereka lulus dari kampus hijau Unimed.

Prof Syawal juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru Unimed. “Saudara telah berhasil melalui tahapan yang ketat. Harapan saya, utamanya program sarjana dan diploma dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan atmosfir kampus yang berbeda dengan suasana pembelajaran Saudara sebelumnya”, pungkas Prof Syawal. (Humas Unimed).