PENGUMUMAN
Wisuda Unimed 2016

UNIMED Wisuda 2814 Ilmuwan Berkarakter

Medan (Unimed) – Universitas Negeri Medan menggelar acara wisuda dengan meluluskan 2.814 orang pada jenjang D3, S1, S2 dan S3. Upacara wisuda untuk semester gasal 2016/2017 digelar pada rabu-kamis, 19-20 Oktober 2016 di Gedung Serbaguna Unimed. Acara wisuda dipimpin langsung oleh Rektor, didampingi para Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Guru Besar, Senat Universitas, seluruh fungsionaris dan wisudawan/i serta undangan.

Lulusan yang diwisuda terdiri dari 2 lulusan Doktor, 409 lulusan Magister, 2378 lulusan Sarjana dan 25 lulusan Diploma. Wisudawan dengan nilai IPK tertinggi antara lain ; 1) Suriyanto, IPK 4.0 dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia PPs. 2) Sylvia Febyanti Taruna, IPK 3.93 dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS, 3) Corry Sepvia Br. Pasaribu, IPK 3.91 dari Prodi Pendidikan Biologi Bilingual FMIPA, 4) Eduward Situmorang, IPK 3.91 dari Prodi Pendidikan Ekonomi, 5) Putra Kaslin Hutabarat, IPK 3.87 dari Prodi PPKn FIS,   6) Arimanto Sihombing, IPK 3.84 dari Prodi PJKR FIK, 7) Novi Emita Pakpahan, IPK 3.83 dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro FT, 8) Kezia Gloria Hati Br. Sembiring, IPK 3.81 dari Prodi PGSD FIP, 9) Romantin Maya Rona Simbolon, IPK 3.42 dari Prodi Teknik Bangunan D3.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam arahannya mengatakan, atas nama pribadi, pimpinan dan seluruh civitas akademika Unimed saya mengucapkan selamat atas keberhasilan saudara dalam menyelesaikan pendidikan dan atas perolehan gelar akademik sesuai dengan bidang ilmu masing-masing pada jenjang Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma. Keberhasilan tersebut merupakan buah manis dari kerja keras yang saudara lakukan selama masa studi melalui berbagai tahapan proses pembelajaran sesuai dengan standar yang ditetapkan Unimed. Ucapan selamat juga disampaikan kepada seluruh orang tua dan keluarga, yang telah bekerja keras dan berjuang penuh ketulusan demi menghantarkan kesuksesan putra/i kebanggaan keluarga.

Wisuda

Lanjut Prof. Syawal, kegembiraan atas keberhasilan saudara ini bukanlah akhir dari perjuangan dan belajar, melainkan sebagai titik pangkal yang baru dalam membuktikan bahwa apa yang saudara peroleh selama studi dapat menjadi bekal dalam menghadapi dunia kerja yang dari waktu ke waktu semakin kompetitif. Berbekal gelar akademik, keahlian dan karakter yang telah saudara diperoleh tentunya saudara memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berkiprah, meniti karir, dan menatap masa depan yang membanggakan keluarga.

Doakan kami seluruh civitas agar dalam memperbaiki segala kelemahan untuk menuju kemajuan dan prestasi dapat mudah tercapai. Kemudian juga mohon doa dan dukungan para lulusan yang diwisuda kali ini, beserta seluruh keluarga dan masyarakat karena pada 24-26 Oktober 2016 Unimed akan di visitasi AIPT. Semoga akreditasi institusi Unimed pada akhir tahun 2016 ini dapat meraih akreditasi “A”. Nilai akreditasi bagi institusi perguruan tinggi merupakan pengakuan pemerintah dan masyarakat atas kualitas dan mutu. Untuk nilai akreditasi program studi, Unimed di tahun 6 ini berhasil meraih akreditasi A pada  Prodi dan sudah ada 38% Prodi bernilai akreditasi A dari BAN-PT. Selain peningkatan akreditasi Prodi dan institusi, Unimed terus konsen dalam perbaikan mutu melalui perbaikan proses pembelajaran juga menjadi titik fokus Unimed. Setelah melakukan serangkaian evaluasi terhadap kurikulum yang ada akhirnya Unimed berhasil mengembangkan kurikulum berorientasi KKNI yang diilhami Kepmenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015. Penerapan kurikulum berbasis KKNI telah kita terapkan pada semester gasal 2016-2017 yang lalu. Perubahan kurikulum kita lakukan agar lulusan Unimed lebih memiliki kompetensi yang sesuai kebutuhan pasar kerja, mutu lulusan lebih kompetitif, dan melahirkan ilmuwan berkarakter. Ujar mantan Kepala Badan SDM dan PMP Kemendiknas era SBY.

Salah seorang wisudawan terbaik dengan meraih IPK 4.0, Suriyanto mengungkapkan rasa haru dan bahagianya kita semua lulusan Unimed yang diwisuda ini. Terima kasih Unimed dan terima kasih ayah dan ibu tercinta kami, tanpamu kami tiada arti. Semoga para wisudawan dalam mendedikasikan ilmunya untuk kemajuan dan kemakmuran negeri Indonesia raya. (Humas Unimed).