PENGUMUMAN
Sunat Massal di Pangkalan Susu

UPPZIS UNIMED Gelar Bakti Sosial Khitanan Massal di Langkat

Pangkalan Susu (Kab. Langkat) – Unimed gelar bakti sosial melalui Unit Pengumpul Potensi Zakat Infaq dan Sedekah (UPPZIS) di Pesantren Darussalam, Desa Siur, Kec. Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat pada 21 Desember 2016. Kegiatan ini wujud bentuk kepedulian dan pengabdian civitas Unimed kepada masyarakat, yang saat ini menggelar sunatan masal di daerah Pangkalan Susu Langkat.

Kegiatan bakti sosial Unimed dilakukan rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam berbagai bentuk kegiatan sosial yang pendanaannya diambil dari dana zakat, infaq dan sedekah dari civitas Unimed yang dikumpul melalui UPPZIS. UPPZIS Unimed berdiri sejak tahun 2009, digagas oleh Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, yang saat ini diamanahkan sebagai Rektor Unimed.

Kegiatan sunatan masal ini digelar bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Satu rangkaian kegiatannya berupa sunatan massal dan pemberian bingkisan kepada anak-anak yang mengikuti sunatan massal, berupa tas sekolah, sarung dan kopiah.

Ketua UPPZIS Unimed, Drs. Manaon Batubara, MA mengatakan acara sunatan massal dilakukan setiap tahun diberbagai daerah. Di Kab. Langkat sudah dua kali, sebelumnya dilakukan di Desa Serapit, Kec. Selesai dan pada tahun ini di Kec. Pangkalan Susu. Selain itu, pernah juga dilakukan di Kab. Karo dua kali dan Kotamadya Tanjung Balai. Kami berharap acara ini menjadikan anak-anak menjadi semakin sholeh dapat bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa. Ada perubahan menuju kedewasaan dan kami harapkan juga bimbingan orang tua untuk membimbing anak-anak sehingga menjadi anak-anak yang taat beribadah dan pintar.

Sunatan massal kali ini diikuti oleh 163 orang anak dari berbagai desa di Pangkalan Susu dan Besitang. Sunatan massal tersebut melibatkan 25 orang tenaga medis dari berbagai puskesmas di kab. Langkat. Digelar sejak pagi hingga siang hari. Antusias warga dalam mengikuti acara ini sangat tertib dan teratur, ada pula warga yang berpartisipasi memberikan bantuan berupa makanan dan minuman bagi panitia dan peserta sunat massal.

Turut hadir saat acara pembukaan yakni ; Kepala Desa Siur, pengurus pesantren, tokoh masyarakat Pangkalan Susu, Ketua UPPZIS Unimed beserta perwakilan dari Unimed dan ratusan orang tua peserta sunat massal.

Kepala Desa Siur, Rakidi, S.Pd. mengapresiasi kegiatan sunatan massal dan atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Unimed dan semua pihak yang terlibat dalam acara ini. Semoga acara ini terselenggara dengan baik, bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam mensunnatkan para putra-putranya, sekaligus mengenalkan Unimed kepada masyarakat bahwa kegiatan Unimed itu tidak hanya dalam aktivitas perkuliahan saja, namun banyak kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai yang diperukan oleh masyarakat dalam meningkatkan tarap hidup menuju kesejahteraan.

Salah seorang orang tua anak yang disunnat, Miskun berpendapat acara sunatan massal ini sangat membantu dan meringankan orang tua untuk mengkhitankan anaknya. “Biaya khitan saat ini lumayan mahal, dengan adanya sunatan masal secara gratis ini sangat membantu kami. Anak-anak kami juga tidak merasa takut karena banyak teman-temannya yang khitan. Pelayanannya pun bagus dan cepat, kami orang tua berharap agar kegiatan seperti ini sering dilakukan,”ujarnya.(Humas Unimed)