PENGUMUMAN
akreditasi unimed

Visitasi AIPT, UNIMED Optimis Jadi Kampus Terakreditasi “A”

Medan – Unimed menghadapi detik-detik bersejarah menjadi kampus terakreditasi terbaik “A” di negeri Indonesia ini, karena pada senin-rabu, 24-26 Oktober 2016 institusi Unimed sedang di visitasi AIPT oleh Tim Asesor BAN-PT. Sebelum di visitasi ini, kampus Unimed terakreditasi BAN-PT dengan nilai “B” dengan nilai 352 hingga tahun 2019. Namun Unimed terpilih menjadi kampus yang didorong oleh Kemenristekdikti dalam program terobosan 30 kampus terakreditasi A.

Sudah hampir selama 1 tahun terakhir ini, pimpinan Unimed dan seluruh civitas tengah sibuk dan kerja keras melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi visitasi AIPT oleh Tim Asesor BAN-PT. Persiapan yang dilakukan melengkapi data dukung dari isi borang dan evaluasi diri, serta melengkapi semua dokumen dan pembenahan layanan akademik, melengkapi sarana prasarana.

Adapun Tim Asesor BAN-PT yang melakukan visitasi kekampus Unimed adalah: 1). Prof. Dr. Ir. Nadjadji Anwar, M.Sc. (ITS), Prof. Dr. Made Sudarma, SE, MM. Akt. CPA (UB), dan Prof. Dr. Soesanto, M.Pd. (UNNES), dan   Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc. (UNHAS).

akreditasi

Tim Asesor BAN-PT hadir langsung ke kampus Unimed untuk mengecek langsung yang terkait dengan aspek-aspek yakni : 1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, 2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, 3) mahasiswa dan lulusan, 4) sumber daya manusia (dosen), 5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, 6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, 7) penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama. Mereka langsung berdialog dan menanyakan terkait borang kepada Rektor, dosen, pegawai, mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan (stakeholders). Kemudian juga langsung melihat segala fasilitas pendukung dan sistem layanan yang ada di kampus Unimed.

Visitasi di awali dengan paparan Rektor Unimed dihadapan Asesor BAN PT dan hadirin terhadap isi borang dan evaluasi diri. Kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif antara Asesor secara terpisah dengan dosen, pegawai, mahasiswa, lulusan dan pengguna lulusan (stakeholders) terhadap isi borang. Selanjutnya empat orang tim asesor berkunjung meninjau langsung fasilitas belajar di digital library Unimed dan situasi belajar di fakultas FBS, FT, MIPA dan FE.

akreditasi 2

Prof. Dr. Ir. Nadjadja Anwar, M.Sc. salah seorang asesor mengatakan, “kami terkesan dengan persentasi rektor Unimed yang lengkap dan komprehensif. Fasilitas Unimed juga sudah cukup baik dan lengkap. Jawaban pak rektor terhadap pertanyaan kami tim asesoe BAN PT juga cukup baik. Akreditasi program studi di Unimed juga sudah 23 Prodi yang terakreditasi A, meningkat dari sebelumnya yang hanya 10 Prodi. Kami hadir kekampus Unimed ini sungguh ingin mengklarifikasi isi borang terhadap realias yang ada, dan itu akan kami lakukan secara alamiah berjalan seperti biasa saja. Kami doakan semoga Unimed menjadi kampus terbaik bersama dengan kampus lain yang sudah maju.

akreditasi 3

Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., mengatakan selamat datang di kampus hijau Unimed dan terima kasih atas kehadiran tim asesor BAN PT yang telah melaksanakan visitasi AIPT di Unimed ini. Semoga kerja keras penuh kesungguhan dalam menghantarkan Unimed menjadi kampus terbaik terakreditasi A dapat kita capai di visitasi AIPT ini. Saya, para wakil rektor, dekan, direktur PPs, dan seluruh tim AIPT Unimed telah bekerja keras dalam mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan. Bahkan kita semua pulang sampai larut malam dalam mendiskusikan dan mempersiapkan semua hal. Kita sungguh punya kepentingan dalam kegiatan visitasi AIPT ini, karena menjadi kampus terakreditasi A itu merupakan suatu prestasi dan prestise bagi suatu kampus. Semoga komitmen dan kerja tak kenal lelah yang dibuat oleh pimpinan, tim AIPT dan seluruh civitas Unimed akan membuahkan hasil yang manis pada akhirnya, yakni Unimed menjadi kampus yang pertama di Sumatera Utara terakreditasi A, dan yang keempat di luar pulau Jawa setelah Unsyiah Aceh, Unand Padang dan Unhas Makasar. Amin.

Lanjut Prof. Syawal, saya secara pribadi dan atas nama rektor mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pimpinan, tim AIPT, dan seluruh civitas Unimed atas kerja keras, kekompakan dan komitmen dalam mempersiapkan visitasi AIPT ini, sekaligus mewujudkan kampus kebanggaan kita ini terakreditasi A dari BAN-PT. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa mengabulkan doa dan harapan kita bersama dalam mencapai keinginan tersebut. (Humas Unimed).