PENGUMUMAN
Wisuda Agustus 2017

Wisuda UNIMED, Rektor Paparkan Prestasi Mahasiswa

MEDAN (Unimed) – Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd , melantik 1.440 lulusan dalam upacara wisuda yang digelar di Gedung Serbaguna Unimed, Rabu (23/8). Lulusan tersebut terdiri dari 24 orang lulusan bergelar Magister Humaniora, 87 bergelar Magister Pendidikan, 8 orang bergelar Magister Sains, 1.181 orang bergelar Sarjana Pendidikan, 16 orang bergelar Sarjana Sastra, 70 bergelar Sarjana Sains, 43 orang bergelar Sarjana Ekonomi, dan 11 orang bergelar Diploma Ahli Madya.

Dalam pidatonya, Rektor memaparkan berbagai prestasi yang telah diraih mahasiswa Unimed. Seperti misalnya, keberhasilan Unimed menjadi juara umum pada ajang internasional, Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Varsity Carnival tahun 2017. Ajang ini merupakan unjuk kebolehan mahasiswa di bidang ilmiah, olahraga, dan budaya. Prestasi lainnya, mahasiswa Unimed secara umum meraih peringkat Harapan 1 pada event MTQ Mahasiswa Nasional ke-XVI. Kabar yang membahagiakan lainnya yakni, mahasiswi Unimed, Srunita Sari, meraih medali emas cabang karate pada SEA Games 2017 yang sedang berlangsung di Malaysia. “Dalam banyak bidang olahraga dan seni telah banyak mengukir prestasi baik tingkat nasional, maupun regional”, ujar Prof Syawal.

Wisuda Agustus 2017 2

Berbagai prestasi tersebut tidak lepas dari komitmen Unimed untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya saing lulusan. Untuk peningkatan tersebut, menurut Prof Syawal, Unimed menerapkan pembelajaran bermutu, integrasi soft skill dalam pembelajaran, penerapan tes standar, dan penerapan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). “Kedepan, Unimed tetap fokus terhadap pengembangan pendidikan karakter guna menghasilkan generasi yang jujur, cerdas, tangguh, dan peduli”, tambahnya.

Berbagai prestasi itupun semakin lengkap ketika secara institusi Unimed telah meraih akreditasi A. Bahkan sebanyak 24 prodi-nya juga telah terakreditasi A dan 30 prodi terakreditasi B.

“Saya yakin bahwa dengan kerja keras dan semangat kebersamaan yang tinggi antar sivitas akademika dan seluruh stakeholders, akan menghantarkan Unimed menjadi LPTK yang  disegani dan dicintai masyarakat”, imbuh Prof Syawal.

Seperti diketahui, berdasarkan peringkat yang dikeluarkan Kemenristekdikti, Agustus 2017, Unimed merupakan LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) nomor 1 di Sumatera dan nomor 5 secara nasional.

Lulusan Terbaik

Dalam acara wisuda yang berlangsung khidmat tersebut, Unimed juga memberikan penghargaan kepada 9 orang lulusan terbaik, yakni: Syarifah Hanum Hasibuan (PPs), Sakinah Hasibuan (FIP), Mukhlis (FBS), Muhammad Fadli (FIS), Achmad Sulu Kurniawan (FMIPA), Khadijah Permata Sari Lubis (FT), Nindi Sere Octavia Simarmata (D3-FT), Dewi Hamda Mukminingsih Sirait (FIK), dan Winda Dame Pretty Manalu (FE). (Humas Unimed)