PENGUMUMAN
Wisuda November 2017

Wisuda Unimed, Rektor Paparkan Tantangan Generasi Milenial

MEDAN (Unimed) – Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd , melantik 1.522 lulusan dalam upacara wisuda yang digelar di Gedung Serbaguna Unimed, Rabu (22/11). Lulusan tersebut terdiri dari 28 orang lulusan bergelar Magister Humaniora, 152 bergelar Magister Pendidikan, 8 orang bergelar Magister Sains, 1.135 orang bergelar Sarjana Pendidikan, 58 orang bergelar Sarjana Sastra, 90 bergelar Sarjana Sains, 29 orang bergelar Sarjana Ekonomi, dan 22 orang bergelar Diploma Ahli Madya.

Turut hadir mengikuti upacara wisuda, para guru besar dan anggota senat Universitas Negeri Medan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Direktur dan Asisten direktur Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, seluruh staf akademik Universitas Negeri Medan, dan ribuan tamu undangan atau keluarga wisudawan.

Dalam pidatonya, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengucapkan selamat atas kelulusan para wisudawan semoga apa yang diraih setelah menempuh serangkaian aktivitas akademik dan non akademik mengantarkan para wisudawan ke gerbang kesuksesan, tidak hanya menjadi kebanggaan keluarga tetapi juga kebanggaan Unimed.Gelar akademik dan keahlian yang telah diperoleh tentunya dapat memberikan kesempatan yang lebih besar kepada para wisudawan untuk berkiprah, meniti karir dan meraih masa depan yang lebih baik. Ucapan terima kasih yang tulus kepada masyarakat dan para orang tua yang telah mengamanatkan putra-putrinya untuk dididik dan dibina di Universitas Negeri Medan.

Tantangan Generasi Milenial

Beliau mengungkapkan, Wisuda merupakan titik awal dari perjuangan baru dengan tantangan baru yang lebih berat. Pada saat ini, saudara berada pada abad 21 dan akan mempersiapkan generasi baru Indonesia yang mampu menghadapi tantangan pada zamannya. Menurut Griffin, generasi yang akan survive di masa depan adalah generasi yang memiliki karakteristik : 1) cara berfikir (metakognitif, berfikir tingkat tinggi, berfikir kreatif dsb), 2) cara bekerja (komunikasi dan kolaborasi), 3) peralatan yang digunakan untuk bekerja (literasi informasi, literasi IT dan ITC), 4) kehidupan dibumi (lokal dan global, personal dan kepedulian social, serta kesadaran berbudaya).

Dalam menghadapi tantangan generasi milenial, mahasiswa/ pelajar harus memiliki 16 keterampilan diantaranya : literasi, keterampilan berhitung, sains, ICT, keuangan, budaya dan kewarganegaraan, berfikir kritis, kreativitas, komunikasi, kolaborasi, rasa ingin tahu, inisiatif, adaptif, kepemimpinan, social, dan kesadaran budaya.

Unimed berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembeljaran dan daya saing lulusannya, dilakukan melalui penerapan pembelajaran bermutu, integrasi softskill dalam pembelajaran, penerapan test standard an penerapan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kedepan, Unimed akan tetap fokus terhadap pengembangan pendidikan karakter guna menghasilkan generasi yang jujur, cerdas, tangguh dan peduli.

Wisuda November 2017 2

Prestasi Unimed

Lanjutnya, kerjakeras yang dilakukan kini mulai menunjukkan hasil antara lain : 1) Unimed meraih akreditasi institusi dengan peringkat A, sedangkan jumlah prodi kategori A sebanyak 24 prodi dan 30 prodi dengan kategori B. 2) Unimed meraih peringkat ke-21 kategori Perguruan Tinggi No Politeknik dari 4224 Perguruan Tinggi di Indonesia oleh Kemristekdikti. 3) Mahasiswa Biologi Unimed meraih medali emas di ajang Kompetisi 4rd International Young Inventor Award (IYIA) di Universitas Mercu Buana Jakarta, 4) dalam bidang Keagamaan Mahasiswa Unimed meraih lima medali emas pada MTQ tingkat Perguruan Tinggi se-Sumut di UINSU. 5) dalam bidang olahraga dan seni telah banyak mengukir prestasi baik tingkat internasional, nasional dan regional. Dan berbagai prestasi gemilang yang membanggakan dan mengharumkan nama Unimed.

Diakhir pidatonya, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menyampaikan “jagalah nama baik almamater Unimed anggaplah sebagai orang tua asuh kalian, tampilkan diri saudara sebagai insan lulusan Unimed yang memiliki kapasitas hardskill dan softskill yang baik, tetap komunikasi dan silaturahmi dengan Unimed sebagai almamater saudara, dan sesama alumni dimanapun berada, berikan kontribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif-solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater dan bekerja tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis khususnya sebagai keluarga besar Unimed.” (Humas Unimed).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>